RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Sains & Teknologi » ADA APA DENGAN PROBIOTIK?

ADA APA DENGAN PROBIOTIK?

Susu Asam, apa itu?

Yogurt adalah produk yang dihasilkan dari susu yang mengalami pengasaman. Proses pengasaman dengan bantuan mikroba hidup ini dinamakan fermentasi. Pada umumnya, fermentasi yogurt dilakukan dengan menggunakan mikroba jenis bakteri tertentu, misalnya bakteri asam laktat.

Disebut bakteri asam laktat karena bakteri ini mampu menggunakan zat gula yang terkandung dalam susu (laktosa), dan mengubah atau memfermentasi gula tersebut menjadi asam laktat. Asam laktat inilah yang membuat susu tersebut terasa asam. Bakteri asam laktat dan bakteri lain yang digunakan dalam proses industri fermentasi susu dikelompokkan sebagai mikroba probiotik.

Apa itu probiotik?

Probiotik oleh Badan Pangan dan Pertanian dunia FAO serta Badan Kesehatan Dunia WHO diartikan sebagai mikroba hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang memadai dapat meningkatkan kesehatan manusia atau hewan yang mengkonsumsinya.

Manfaat Probiotik

Pemberian probiotik dilaporkan dapat mengkondisikan jumlah dan ragam mikroba yang menghuni saluran pencernaan manusia atau hewan. Keadaan ini selanjutnya mampu menekan pertumbuhan bakteri penyakit yang merugikan.

Manfaat lain probiotik di antaranya mengurangi atau menyerap senyawa racun di dalam saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, bahkan hingga menekan penyebaran sel tumor dan menjadikannya tidak aktif.

Probiotik Untuk Hewan

Tidak hanya untuk manusia, probiotik juga dipakai sebagai pakan tambahan ternak. Di Eropa, probiotik tidak hanya berfungsi sebagai pakan tambahan, melainkan digunakan juga untuk menggantikan antibiotik.

Pemakaian antibiotik di uni eropa sudah sangat dibatasi, bahkan dilarang. Di Eropa, probiotik sudah mulai digunakan peternak sejak dekade 70-an. Pada ternak, probiotik diketahui memberikan dampak positif meningkatnya daya tahan tubuh ternak, mengendalikan dan menekan jumlah bakteri penyebab penyakit. Dampak ini pada akhirnya meningkatkan produktivitas ternak, baik dalam bentuk daging, susu atau telur. (Taufiq Wisnu Priambodo & tim ISTECS on Air – 2007)

Nara sumber:

Taufiq Wisnu Priambodo

 

Kandidat Doktor bidang Nutrisi Ternak di Universitas Bonn Jerman

– S2, Universitas Bonn Jerman

– S1, FMIPA Universitas Indonesia

Sumber:

1. Probotics Basics
2. Yogurt: The Original Health Food
3. Yoghurt

Baca Juga

MitraFM.com First Media Perluas Layanan ke Malang

First Media Dukung Dunia Pendidikan dengan Menghadirkan Smart School

Malang – Pendidikan menjadi sebuah hal yang penting bukan hanya bagi First Media, tetapi juga ...

  • acho rote

    bang ADA yg probiotik FM and starbio ya,,,,kalau ada tlg infokan saya di HP. 085******272 tlg bang