RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Lihat Wajah Bunda, Nak!

Lihat Wajah Bunda, Nak!

BAYI baru lahir hanya dapat melihat bentuk samar-samar, karena mereka hanya dapat melihat objek dalam jarak dekat. Penglihatan yang sempurna yakni 20/20 sedangkan bayi memiliki penglihatan sebesar 20/40. Hal ini memungkinkan bayi melihat wajah Anda dalam posisi sekitar 20?”25 cm jauhnya.

Seiring pertumbuhan, penglihatan bayi mengalami kemajuan. Usia 3 bulan, secara garis besar bayi sudah dapat mengenali bentuk wajah orang-orang yang memasuki kamarnya. Wajah manusia adalah favorit bayi, utamanya wajah kedua orangtuanya.

Letakkan cermin pada posisi aman, lihatlah bagaimana reaksi bayi saat melihat dirinya di cermin! Jangan terkejut bila memergoki si kecil memandang ke luar jendela atau menatap lukisan yang tergantung di sisi lain dinding kamarnya.

Tak hanya itu saja, seiring berjalannya waktu, kemampuannya melihat benda berwarna juga berkembang. Benda atau mainan dengan warna cerah yang digantungkan pada langit-langit atau di atas kelambu tempat tidur akan berguna dalam membantu perkembangan bayi Anda dalam membedakan berbagai warna serta bentuk.

Warna pastel yang lembut sulit untuk menarik perhatian bayi. Mereka tak terlalu menanggapi. Ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda jika ingin membelikan mereka mainan serta buku bergambar.

Peralihan dari bulan ke-2 menuju bulan ke-3, koordinasi mata bayi berkembang cukup baik untuk mengikuti objek bergerak, khususnya yang pergerakannya mencapai 180 derajat. Coba deh Moms, gantung mainan yang dapat bergerak dan berputar di atas tempat tidurnya. Jangan heran jika mereka tak berhenti mengikuti arah pergerakannya.

Dalam fase ini, melihat benda bergerak menjadi kegemaran si mungil. Lantas di akhir periode, bayi mulai mencoba meraih benda yang dilihatnya. Ini permulaan dari koordinasi mata dan tangannya.

Bayi sangat menikmati kegiatan melihat-lihat benda di sekitarnya ketika Anda membawanya jalan-jalan ke luar rumah menggunakan stroller. Ingat, seluruh isi dunia merupakan ruang kelas bagi bayi Anda sebab ia dapat belajar segala hal.

Indra pendengaran

Bagi bayi baru lahir, biasanya mendapat screening pendengaran sebelum diizinkan pulang. Tes itu sangat penting karena bisa mendeteksi bayi yang terlahir dengan kelainan pendengaran.

Terkadang hilangnya pendengaran disebabkan infeksi, trauma, dan suara gaduh tingkat tinggi. Masalah tersebut terkadang tak disadari dan tak terlihat darurat. Karenanya sangat penting melakukan evaluasi pendengaran secara medis dan rutin selama masa pertumbuhan anak Anda.

Pada bulan pertama, bayi menggunakan tangisan sebagai cara berkomunikasi. Setelah bulan pertama Anda akan mampu mengenali perbedaan ragam tangisan bayi serta makna yang tersembunyi di baliknya. Terkadang, bayi menangis karena lapar, capek, popok basah, atau hanya karena mereka membutuhkan pelukan hangat Anda.

Karena bayi sangat suka mendengarkan suara ibunya, maka berbicaralah, menggumam bahkan menyanyilah sesering mungkin di bulan pertama kehidupan bayi Anda! Saat bayi Anda mengeluarkan bunyi dari mulutnya, cobalah ulang suara tersebut, dan Anda akan terpesona saat bayi Anda memperdengarkan suara-suara ajaib lainnya.

Pada usia ini, bayi sepertinya merespons dengan baik suara manusia di sekelilingnya, khususnya suara yang meninggi, suara kebayi-bayian. Itulah sebabnya secara alamiah kebanyakan orang memirip-miripkan dengan suara bayi ketika berbicara dengan bayi. Tak jadi masalah kok Moms! Penelitian membuktikan bahwa “baby talk” seperti ini tidak akan menghambat perkembangan bicara anak.

Jika Anda merespons bunyi-bunyian yang dihasilkan bayi Anda, ini merangsang bayi berani mengeluarkan suara-suara lainnya. Jangan takut berekspresi. Gabungkan beberapa kata yang biasa digunakan orang dewasa lalu lafalkan dengan suara bayi. Mungkin kelihatannya terlalu dini dilakukan, namun itu akan menjadi pondasi bagi bayi Anda dalam mengucapkan kata pertamanya.

Selain suara, bayi juga menikmati alunan musik. Memperdengarkan ketukan-ketukan serta alunan musik sangat baik serta efektif dalam menstimulasi pendengaran bayi.

Indra pengecap dan pembau

Inilah dua indera yang sangat berhubungan satu sama lain. Penelitian membuktikan bayi lebih memilih rasa manis sejak lahir dan memilih mengisap cairan manis dari botol, lantas menangis atau memalingkan muka saat diberi yang rasanya asam atau pahit. Anda tak perlu khawatir, ASI dengan rasa yang tak tertandingi minuman apapun akan mampu memuaskan bayi Anda!

Indra peraba

Dalam usia 1-3 bulan, bayi amat tergantung pada Anda dalam mengenalkan sentuhan. Bayi menyadari bahwa dirinya dicintai ketika Anda memeluk, menggendong, serta mencium hangat.

Bayi yang tak pernah merasakan sentuhan orangtuanya kemungkinan besar akan tumbuh abnormal. Sentuhan Anda pada si mungil yang lahir prematur menghasilkan efek positif bagi perkembangan dan kesehatannya.

Buat kegiatan sentuh-menyentuh ini menjadi hal menyenangkan! Bayi bergembira jika sentuhan-sentuhan kecil pada kaki, tangan serta jemarinya diiringi nyanyian Anda. Perkenalkan pula beragam tekstur dan temperatur, seperti kelembutan selembar kain, atau kepadatan mainan yang ada di sekitar tempat tidurnya.(oz/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*