RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Bisul, Si Kecil yang Menyakitkan dan Membuat Demam

Bisul, Si Kecil yang Menyakitkan dan Membuat Demam

BISUL sering kali dianggap sebagai penyakit biasa dan wajar. Padahal, jika dibiarkan, bisul bisa menyebabkan demam, bahkan infeksi yang lebih parah.

Munculnya bisul di tubuh sering kali dianggap sebagai mitos. Misalnya jika anak banyak makan telur, akan mudah terserang bisul. Atau jika seseorang menduduki bantal, akan mudah terserang bisul.

Mitos seperti itu sebenarnya sangat merugikan. Ini karena kepercayaan terhadap mitos yang berkembang, membuat masyarakat tidak mau mencari tahu apa penyebab penyakit yang dideritanya. Bisul merupakan penyakit ringan, tapi sangat mengganggu. Dalam sebuah penelitian Departemen Kesehatan (Depkes RI) pada 2001 terungkap dari 326 responden, ternyata 26 persen pernah bisulan.

Angka tersebut dianggap cukup tinggi mengingat bisul bukan penyakit berat, dan rata-rata bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal, bisul jika diabaikan terkadang bisa menyebabkan demam tinggi, radang yang parah hingga infeksi. “Walaupun bukan penyakit berat, bisul sangat mengganggu. Dia bisa sangat nyeri, sangat sakit, dan menyebabkan demam berkepanjangan,” kata dokter spesialis kulit dan kelamin RSAB Harapan Kita, Jakarta, dr Dharma SpKK.

Lebih lanjut, Dharma mengatakan, bisul terjadi karena adanya peradangan pada kulit yang biasanya mengenai folikel rambut dan disebabkan kuman staphylococcus aureus. “Jenis bisul itu sebenarnya sangat banyak. Namun, masyarakat kita hanya mengetahuinya secara umum dalam satu nama, yaitu bisul,” sebutnya lagi.

Dari jenis-jenisnya, Dharma mengaku bisul bisa dibedakan menurut letak tumbuh dan munculnya bisul tersebut. Misalnya bisul yang dikenal dengan nama furunkel yaitu peradangan pada folikel rambut dan sekitarnya. Bisul jenis ini biasanya muncul hanya dengan satu buah bisul.” Ada pula bisul yang disebut furunkel losis, ini adalah bisul yang tumbuh dalam jumlah yang lebih dari satu atau berkelompok,” sebutnya lagi.

Walaupun bukan penyakit berbahaya, Dharma mengaku jangan remehkan munculnya bisul. Umumnya, gejala akan timbulnya bisul adalah rasa gatal-gatal diiringi benjolan kemerahan di sekitarnya. Benjolan berwarna merah itu juga diiringi rasa nyeri. “Kemudian pada bisul furunkel atau karbunkel selain gatal dan nyeri akan diiringi munculnya bintik kekuningan berisi cairan,” kata dia.

Sementara bisul yang muncul pada kelenjar keringat biasanya berbentuk bulat seperti kubah, tidak bermata dan tanpa disertai rasa nyeri. Bisul jenis ini biasanya tidak mudah pecah. Berbeda dengan bisul di kelenjar keringat, bisul yang muncul pada kelenjar apokrin biasanya disertai dengan demam. “Kadang-kadang demam bisa tinggi. Saat demam menyerang orang dengan daya tahan tubuh lemah, maka bisa membuat lemas,” sebutnya.

Hal senada diungkapkan dokter spesialis kecantikan Kulit di Kompleks Kelapa Gading, dr Irawan. Dia mengatakan, selain bisa tumbuh di bagian tubuh, misalnya pada lipatan-lipatan kulit, bisul juga bisa muncul di wajah. “Bisul yang muncul di wajah membutuhkan penanganan yang lebih hati-hati. Karena salah penanganan, bisa menyebabkan kulit wajah berbekas,” kata dokter berambut ikal tersebut.

Proses pengobatan bisul pun berbeda. Artinya, disesuaikan tempat tubuh bisul tersebut. “Bisul di wajah harus diobati secara khusus. Karena, wajah merupakan bagian tubuh sensitif. Jadi harus menggunakan obat-obat khusus yang tidak merusak jaringan kulit dan tidak menggunakan obat keras,” sebutnya.(oz/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

One comment

  1. Not effortless to say thank you, me english not so well ? but these seriously beneficial. Very good read to practice English.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*