RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Hormon Kehamilan

Hormon Kehamilan

Perubahan yang dialami selama kehamilan salah satunya adalah perubahan hormone.Hormon memiliki pengaruh khas untuk merangsang dan menggiatkan kerja organ-organ tubuh.

Beberapa hormon yang pengeluarannya dikontrol oleh kelenjar pituatari yang berada dibagian dasar otak:

Progesteron

Hormon ini berfungsi membangun lapisan dinding rahim untuk menyangga plasenta, mencegah kontraksi/ oengerutan otot-otot rahim sehingga menghindari persalinan dini, dan menyiapkan payudara untuk menyusui.

Di lain sisi, progesterone akan membuat pembuluh darah melebar. Akibatnya tekanan darah menjadi turun, dan ibu akan merasa pusing. Terkadang menyebabkan sistem pencernaan terganggu, seperti perut kembung atau sembelit, mempengaruhi suasana hati ibu saat hamil, serta meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan mual.

Estrogen

Hormon ini membuat puting paudara membesar dan merangsang pertumbuhan susu, membantu memperkuat dinding rahimuntuk mengatasi kontraksi saat persalinan.Estrogen juga akan melunakkan jaringan-jaringan tubuh, sehingga jaringan ikat dan sendi-sendi tubuh menjadi lemah. Akibatnya ibu hamil terkadang mangalami sakit punggung.

HCG

Human Chorionic Gonadotropin adalah hormon khas kehamilan, karena hanya ditemukan didalam darah dan urun wanita hamil. Hormon ini dibentuk oleh lapisan jaringan bagian luar janin serta plasenta yang terbentuk pada awal pertumbuhan janin (trofoblas). Fungsinya antara lain mempertahankan jaringan berwarna kuning dalam indung telur yang terbentuk ketika indung telur baru saja melepaskan sel telur (korpus luteum), yang membuat estrogen, progesteron dan plasenta terbentuk sepenuhnya.

Prolaktin

Hormon ini bertanggung jawab terhadap peningkatan sel yang memproduksi ASI dalam payudara. Hormon estrogen setelah melahirkan akan turun, hormon ini dapat menghambar produksi ASI, dengan demikian prolaktin dapat merangsang produksi ASI.

Oksitosin

Hormon ini terlibat dalam proses reproduksi pada pria dan wanita, membantu kontraksi pada saat kehamilan dan persalinan, produksi susu pada saat menyusui, maka aktivitas menyusui dapat mempercepat terjadinya penyusutan rahim.

Relaksin

Hormon ini muncul pada awal kehamilan dan bertanggungjawab membantu mengatasi aktivitas rahim dan melembutkan leher rahim dalam rangka persiapan proses persalinan.(info-sehat/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*