RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Redakan Tangis Bayi Dengan …

Redakan Tangis Bayi Dengan …

Sering rewel dan menangis adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bayi. Namun tidak jarang situasi yang demikian membuat suasana menjadi heboh. Orangtua cemas, bingung, bahkan dapat menjadikan stres dan frustrasi.

Cari tahu apa penyebabnya

Cari tahulah apa yang menyebabkan bayi Anda menangis. Apakah karena lelah, haus, atau Karena hal lainnya? Perhatikanlah pula penolakannya terhadap kondisi tertentu yang membuat ia merasa tidak nyaman. Umumnya, bayi menangis ketika ia terkejut mendengar suara atau keramaian yang membuatnya takut dan merasa tidak nyaman. Bisa juga karena cahaya yang terlalu terang, atau tekstur makanan tertentu.

Bersikap tenang

Saat bayi rewel dan menangis karena penyebab yang telah Anda ketahui, bersikaplah tenang dalam menghadapinya. Jangan cemas, bingung, atau ikut menangis. Justru di saat inilah ia memerlukan ketenangan dan kesabaran Anda.

Jangan lupa bahwa bayi kecil Anda sensitif terhadap apa yang Anda rasakan. Tetaplah tersenyum ketika sedang menggendong, membelai, dan bersenandung. Jika Anda panik, jangan terkejut jika tangisannya semakin menjadi-jadi. Untuk sementara waktu, hindarkanlah bayi dari hal-hal yang menyebabkannya rewel dan menangis. Hal ini dapat membuatnya menjadi tenang kembali.

Membiasakannya dengan situasi yang membuatnya rewel dan seringkali menangis

Setelah ia tenang, Anda harus dengan perlahan dan bertahap membiasakannya dengan keadaan yang membuatnya merasa rewel dan sering menangis. Bertujuan agar ia tidak terkejut, takut, atau tidak bertoleransi terhadap hal-hal yang tidak ia sukai.

Orangtua peka dan sabar

Anda sebagai orangtua harus memiliki kepekaan dan kesabaran dalam menghadapi kerewelan dan tangis bayi. Setiap bayi memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan cara penanganan yang berbeda pula. Jangan sampai menyerah dan berhenti memenangkan kerewelan dan tangisannya. Jangan sampai Anda marah, kesal dan melakukan kekerasan seperti membentak, mencubit, bahkan memukulnya. Jika Anda melakukan hal tersebut, bayi dapat menderita stres dan trauma. Meskipun ia belum dapat berbicara, gejala stres dan trauma dapat terlihat pada pola tidur dan pola makannya yang terganggu. Ia juga mudah untuk rewel dan menangis tanpa sebab.

Dukungan dari orang lain

Tidak perlu sungkan meminta bantuan orangtua, saudara, atau pengasuh untuk berbagi mengasuh dan membantu menenangkannya. Tindakan ini perlu dilakukan agar situasi lebih tenang dan lebih rileks. (info-sehat/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*