RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Cara Hentikan Kebiasaan Merengek Anak

Cara Hentikan Kebiasaan Merengek Anak

PUSING rasanya mendengar anak terus memaksa dan merengek saat meminta sesuatu yang kadang tak ada batas. Jika begitu keadaannya, inilah beberapa tip menenangkan mereka.

Menurut berita yang dilansir Health24, survey yang digelar Center for a New American Dream menginformasikan, anak-anak acap kali merengek ke orangtua untuk minta dibelikan sesuatu karena mendapat tekanan dari teman-teman sebayanya. Tekanan yang datang berupa keharusan untuk memiliki mainan keluaran terbaru.

Lebih dari 50 persen anak-anak dalam survei mengatakan, memiliki produk-produk tersebut membuat mereka lebih diterima teman-temannya dan tentunya juga menambah rasa percaya diri.

Jody Johnston Pawel, penulis The Parent’s Toolshop: The Universal Blueprint for Building a Healthy Family mengatakan, orangtua perlu mengajarkan anak-anak mereka bagaimana melihat kualitas internal diri dan kemampuan untuk menentukan harga diri. Orangtua pun harus mendidik mereka bagaimana menanggapi tekanan dari teman-teman sebaya dan memperoleh penerimaan dari teman-temannya dengan cara yang lebih bisa diterima, dengan menjadi ramah terhadap siapapun, misalnya.

Pawel menawarkan 10 cara terbaik untuk para orangtua agar bisa mengendalikan anak-anak saat mereka mulai merengek, di antaranya:
– Sampaikan alasan penolakan yang masuk akal.
– Pahami apa yang dipikirkan dan dirasakan anak, tapi kemudian membenahinya secara tegas.
– Berikan pilihan jawaban “ya”.
– Menyarankan alternatif pilihan jawaban yang bisa diterima.
– Mendorong anak untuk menabung sehingga tidak terus-menerus meminta saat ingin memiliki suatu barang.
– Siapkan biaya pengeluaran ekstra untuk sebuah merek yang dipilihnya nanti.
– Biarkan anak memilih satu jenis barang dari beberapa pilihan yang ada.
– Patuhi anggaran yang tersedia. Anak bisa mengambil beberapa barang dengan harga murah atau satu saja dari merek terkenal.
– Katakan pada anak bahwa mereka tidak akan mendapatkan barang yang sudah dipilih saat memintanya lagi.
– Tinggalkan toko.

(oz/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*