RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Haruskah Panik saat Ujian Nasional?

Haruskah Panik saat Ujian Nasional?

MENJELANG ujian nasional, biasanya anak-anak akan dilanda stres saat menghadapinya. Sebagai orangtua,sebaiknya berikan semangat dan dukungan agar mereka bisa melaluinya dengan hasil yang diharapkan.

Pemerhati pendidikan Bambang Sutrisno MPd mengatakan, para siswa umumnya terbebani dengan ujian nasional (UN) karena merupakan tujuan dan sasaran akhir kelulusan siswa. “Maka tidak heran jika banyak pihak (guru, sekolah, orangtua, dan siswa) memilih jalan “pintas” agar bisa sukses dalam menempuh UN. Guru akan dianggap berhasil jika dapat mengantarkan siswanya “sukses” memperoleh nilai baik di UN. Banyak guru yang merasa “keberatan” jika harus mengajar di kelas akhir karena kinerjanya akan mudah terukur dari hasil UN.

Karena itu, banyak guru yang lebih memilih mengajar di kelas awal karena lebih nyaman dan tanpa beban. “Semakin tingginya tingkat kecurangan yang dilakukan beberapa pihak menjadi sesuatu yang sangat memprihatinkan. Mulai membocorkan soal, memberikan kunci jawaban, sampai dengan praktik perjokian dilakukan secara berjemaah dengan melibatkan siswa,” ujar Bambang.

Ditambahkan Bambang, apakah benar “kepanikan” menghadapi ujian ini berasal dari siswa? Atau sebenarnya kepanikan itu justru berasal dari guru, sekolah, atau orangtua. “Sangat tidak masuk akal jika ada siswa SD berinisiatif mendapatkan bocoran soal atau kunci jawaban UN agar dia berhasil lulus ujian,” sebutnya.

Bambang mengatakan, melakukan persiapan sedini mungkin dengan pendalaman materi dan latihan soal sesuai kisi-kisi soal adalah cara terbaik untuk persiapan menghadapi UN.

Bukan dengan mencari bocoran soal atau mencari kunci jawaban. “Tips agar anak Anda sukses mengerjakan UN adalah mempelajari bahasan yang ingin diujikan, bisa dari kisi-kisi yang telah diberikan guru karena hampir kisi-kisi yang diberikan itu keluar pada saat ujian,” ujarnya. Selanjutnya, Bambang juga mengingatkan biasakan anak-anak belajar dari soal-soal yang sudah dipaketkan, misalnya dalam mengerjakan 100 soal diberikan waktu 2 jam untuk menyelesaikannya.

Jika orangtua tidak memberi semangat adakalanya memunculkan perasaan stres pada anak.Terutama terhadap diri siswa yang akan menjalani UN. UN sering kali dianggap sebagai ajang mempertaruhkan reputasi diri siswa tersebut menimba ilmu di sekolah. Rasa ketakutan anak seperti takut tidak lulus, soal ujian yang susah dan hasil yang tidak memuaskan jika tidak didukung orangtua malah membuat mereka gagal di UN.

“Stres memang dapat dialami setiap orang, tidak mengenal usia, jenis kelamin, kedudukan maupun jabatan. Stres jika tidak diatur dengan baik dapat berpengaruh negatif terhadap kondisi fisik dan mental siswa itu sendiri,” ucap Bambang. Sebaliknya, kalau dikelola dengan tepat, stres dapat menjadi energi positif sebagai pemacu semangat meraih prestasi.

Bambang mengatakan, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka peran orangtua dan guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan anak menempuh ujian. Guru harus mampu memotivasi dan meluruskan persepsi siswa tentang ujian nasional. Tentu, membekali siswa dengan pengetahuan yang cukup agar siswa merasa lebih siap menghadapi soal-soal yang akan diujikan.

“Menjaga kesehatan dan banyak berdoa juga sesuatu yang tidak boleh dilupakan dalam menghadapi ujian,” pesannya. Sementara itu, psikolog dari Universitas Indonesia, Tika Bisono mengatakan, tidak perlu panik menghadapi ujian.”Termasuk juga orangtua dengan membantu anak menyelesaikan soal-soal latihan,” pesannya.(oz/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*