RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Aman Bicara Seks pada Anak

Aman Bicara Seks pada Anak

PENDIDIKAN seks pada anak-anak memang sangat penting. Sayangnya, sampai kini para orangtua masih bingung mencari waktu yang tepat dalam menyampaikan informasi seputar seks.

Selain itu, orangtua juga khawatir bahwa informasi seksual bisa menumbuhkan rasa penasaran dan membuat mereka ingin coba-coba. Padahal banyak kajian mengatakan, informasi dan pendidikan tidak akan meningkatkan aktivitas seksual mereka. Di sisi lain, informasi yang baik membuat mereka lebih peka saat mendapati sesuatu yang dikatakan tabu.

Anak pun sering kali memendam keinginan untuk bertanya kepada orangtua seputar seks. Bisa jadi karena mereka menyadari bahwa topik pembicaraan tersebut membuat orangtua menjadi tidak nyaman.

Health24 memberikan tip cara membicarakan seks pada anak:
1. Ciptakan perasaan dan suasana nyaman kepada anak sebelum mulai membicarakan seks.
2. Jawablah pertanyaan anak sesuai usia mereka.
3. Jadilah contoh yang baik. Anak belajar dari apa yang mereka lihat dari Anda, bukan dari apa yang Anda katakan.
4. Teruslah belajar dengan membaca. Jika tidak yakin dengan jawaban Anda, katakan saja dan berjanjilah Anda akan menjawabnya kemudian hari setelah mendapat informasi yang tepat.
5. Saat anak bertanya tentang sebuah fakta, sampaikanlah fakta yang sebenarnya dan jangan memberikan jawaban seperti apa yang ada dalam bayangan Anda. Anak tidak selalu bisa membedakan mana fakta dan keyakinan. Jangan biarkan keyakinan Anda mempengaruhi jawaban atas pertanyaan faktual mereka.
6. Mengarahkan rasa penasaran dan membangun rasa percaya diri anak. Memuji adalah cara terbaik untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.
7. Dengarkan secara cermat apa yang ditanyakan oleh anak. Jawab apa yang mereka tanyakan, tanpa mendekati detail dan jangan langsung loncat ke kesimpulan. Pertanyaan mereka bisa jadi adalah apa yang mereka dengar di sekolah, bukan karena sudah pernah mengalami hal tersebut.
8. Membantu secara positif perkembangan seksual anak.
9. Bersabarlah. Kadang pertanyaan anak merupakan hal yang memalukan. Berusahalah kritis. Jika Anda memarahinya, bisa jadi anak tak akan pernah bertanya lagi.
10. Yakinkan anak bahwa mereka dicintai dan mereka adalah anak yang normal. Biarkan anak mengetahui bahwa Anda bangga terhadap mereka dan juga dicintai. Hal ini akan membantunya dalam membangun harga diri.
11. Jaga selera humor. Jangan memasang wajah marah atau kesal saat anak bertanya seks, tapi jawablah dengan perasaan ringan, positif, dan candaan.
(oz/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*