RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Ajari Si Kecil Bicara Dengan Baik dan Benar

Ajari Si Kecil Bicara Dengan Baik dan Benar

Kemampuan berbahasa Si Kecil berkembang melalui aktivitas sehari-hari. Asah kemampuannya sedini mungkin agar Si Kecil sudah mampu berkomunikasi dengan baik dan benar saat ia bersekolah.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar Si Kecil terampil bicara:

  1. Tanggapi pembicaraan Si Kecil dengan spontan.
    Tanggapi dengan spontan mengenai keterampilannya berbicara. Apa yang Anda katakan memiliki arti yang baru buat Si Kecil. hal inilah yang menjadi landasarn ia belajar bebicara. Bicaralah dengan jelas, perlahan, gunakanlah kata-kata yang sederhana.
  2. Berikan stimulasi dengan tepat.
    Sediakan lingkungan yang dapat merangsang Si Kecil berbicara, manfaatkan sarana televisi, radio, dan buku sebagai sarana untuk bercerita. Melalui proses yang alami, Si Kecil memberi tanggapan dan memperbaiki bahasa lisannya setiap harinya hingga ia siap menerima stimulasi tulisan.
  3. Berbicaralah secara perlahan.
    Beridakan jeda yang cukup dalam setiap percakapan agar Si Kecil memiliki kesempatan untuk merespons. Ia perlu waktu untuk memahami aturan bertukar pikiran melalui obrolan.
  4. Ajukan pertanyaan dan perintah.
    Dengan mengajukan pertanyaan dan perintah, anak akan belajar nada pembicaraan. Jangan lupa untuk turut menampilkan ekspresi bahagia untuk memacunya belajar bicara.
  5. Tirukan ekspresi dan bahasanya.
    Dengan menggunakan bahasa Si Kecil. Gunakan juga mainan berbagai bentuk, warna, variasi, kotak musik, bola, permainan menggelitik untuk mangasah kemampuan bicaranya.
  6. Sosialisasikan Si Kecil.
    Interaksi anak-anak yang spontan bermain bersama merupakan dasar pertama dari pembicaraan.
  7. Dorong anak untuk semangat belajar.
    Anda harus sabar mendengarkan pembicaraannya tanpa menginterupsi. Hindari bersikap otoriter sehingga membuat Si Kecil frustrasi hingga mengurangkan motivasi belajarnya.
  8. Bicara mengenai sekitar.
    Si Kecil memiliki minat khusus mengamati segala sesuatu di sekelilingnya dengan penuh rasa ingin tahu. Tugas Anda memperkenalkan kepadanya sehingga ia memahami benda-benda di sekitarnya dengan penjelasan sederhana. Nama-nama anggota tubuh dan lainnya akan diingat dan dipahami lebih dari yang Anda kira.
  9. Perhatikan masalah kondisi fisik.
    Cermati sekecil apapun perkembangannya. Tidak jarang kesulitan pemahaman bicara Si Kecil terjadi karena masalah pada kondisi fisiknya. Contoh: berkaitan dengan pendengaran atau kemampuan bicaranya.
  10. Kenali kepribadian anak.
    Pada saat Si Kecil berusia 3 tahun, ia mulai menggunakan bahasa untuk mengkomunikasikan perasaan dan berbagai idenya. Kepribadian yang dimiliki mempengaruhi caranya menggunakan bahasa lisan. Contoh: pada anak yang pemalu, ia akan sedikit berkomunikasi dibanding anak yang pandai bergaul. Kenali bahasa tubuhnya agar Anda mengetahui apa yang diinginkannya.
  11. Terus berlatih.
    Jangan ragu mengajak anak berdiskusi. Dengan begitu, Anda turut memperbaiki keterampilan berkomunikasi anak.(bayimilna/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*