RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Makanan Tepat untuk Anak Hiperaktif

Makanan Tepat untuk Anak Hiperaktif

MENGATUR pola makan tak hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan ataupun mengidap penyakit tertentu, tapi juga untuk gangguan tingkah laku, seperti pada anak hiperaktif.

Menurut penulis buku “10-Step Diet: A Simple Plan for Permanent Weight Loss and Lifelong Vitality (2004 Greenleaf Book Group)”, Dr Ann kulze, anak hiperaktif sebaiknya dibatasi dalam mengonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak zat gula, seperti nasi putih dan berbagai olahan tepung terigu. Zat tersebut disinyalir dapat meningkatkan glukosa darah dan berpengaruh pada mood anak Anda.

Berikut ini resep jitu Kulze, yang pernah menamatkan sekolah kedokteran di University of South Carolina, bagaimana cara mengatur pola makan anak hiperaktif, seperti dikutip dari SheKnows.

Makanan alami

Jika anak Anda termasuk anak hiperaktif, berikan makanan alami yang tidak mengandung zat pemanis, pengawet, dan pewarna. Gantilah dengan makanan yang mengandung kalsium atau magnesium, seperti terdapat dalam sayuran, kacang-kacangan, dan rumput laut. Bersumber dari hasil penelitian, makanan yang mengandung zat pewarna, pengawet, ataupun pemanis akan berpengaruh pada perkembangan anak hiperaktif.

Diet sehat

Anda dapat memberikan jenis makanan diet sehat kepada si kecil, seperti salad buah-buahan, salad sayuran segar, yoghurt rendah lemak, kacang almond, coklat hitam, sereal, dan susu rendah lemak.

Jajanan sehat

Berikan anak Anda buah segar berdaging lembut, seperti pisang. Jika ia ingin jajan, kue buatan sendiri akan lebih sehat daripada memberikannya jajanan permen di toko.

Makan malam

Menjelang malam, jauhkan anak Anda dari mengonsumsi makanan yang mengandung kafein karena ia akan semakin aktif di jam tidurnya. Sediakan jenis makanan malam yang mengandung susu rendah lemak seperti susu kacang kedelai, keju, roti gandum, dan selai kacang. Selain membuatnya kenyang, jenis makanan tersebut pun aman di jam malam tidurnya. (oz/hp/mitrafm)

 

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

One comment

  1. Anak saya ada kecendrungan hiperaktif, apakah dia boleh minum susu sapii?sapii? Atau hanya boleh minum susu soya saja?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*