RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Kenali Warisan Kuliner & Melatih Tanggung Jawab

Kenali Warisan Kuliner & Melatih Tanggung Jawab

makansnBOSAN berkreasi membuat masakan sendirian di dapur? Anda bisa mengajak buah hati sebagai asisten pribadi. Selain mengenalkan anak tentang warisan kuliner Indonesia, mereka juga dilatih bekerja sama.

Ahli masak profesional Sisca Soewitomo mengatakan, mengajarkan anak memasak bisa mengenalkan mereka warisan kuliner Indonesia dan beberapa negara. ”Mengajarkan anak untuk mencintai Indonesia bisa dilakukan dengan memasak. Sebaiknya, mengenalkannya dengan hal-hal sederhana seperti memberitahukan nama- nama bumbu dapur atau nama masakan,”ujar Sisca.

Dia menuturkan, cara mengajarkannya bisa perlahanlahan. Bahkan, bisa dilakukan dengan cara menyenangkan. Seperti menceritakan sejarah mengapa santan banyak digunakan pada masakan Padang (Sumatera Barat). Karena zaman dahulu, orang Padang ketika membuka pintu rumah,pasti melihat pohon kelapa, dan sengaja memanfaatkan buah kelapa untuk menambah cita rasa masakan.

”Nah sejarah seperti itulah yang diajarkan kepada anak-anak. Dan, perlu ketekunan orangtua untuk mengajarkan hal tersebut,”ucap Sisca saat menjadi pembicara ’’Archipelago Food Promotion” di JW Marriott,Jakarta, pekan lalu. Menurut Sisca,banyak pengetahuan yang bisa digali dari belajar memasak hidangan tradisional dan makanan ringan.

”Memasak kue serabi bisa diajarkan kepada anak. Dan bahannya pun mudah, hanya tepung beras dan tambahan gula cair,”ucapnya. Ditambahkan Sisca, mengajarkan anak memasak bisa dimulai dari menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti alat-alat masak hingga bahan-bahan dasar membuat masakan. ”Orangtua tetap harus mengawasi agar anak tetap fokus dan tercipta suasana yang menyenangkan,’’ imbuhnya.

Dia juga mengingatkan, ’’Jangan lupa memberikan pujian pada anak jika berhasil memasak dengan rasa enak,”papar Sisca yang sering memberi pelatihan memasak pada anak-anak. Sementara itu, psikolog Kasandra Putranto mengatakan, mengajarkan anak untuk mencintai kuliner Indonesia memang bisa dilakukan dengan cara memasak.Apalagi situasinya bisa sangat menyenangkan.

Psikolog yang juga dosen di London School Public Relation ini juga menuturkan bahwa kegiatan tersebut sebaiknya dilakukan sejak dini atau di bawah 10 tahun.”Jadi mengajarkan anak untuk memasak bisa dilakukan saat anak berusia 4 tahun, dan jangan dipaksakan apabila mereka kurang berminat,”ucapnya.

Kasandra menuturkan, untuk mencintai kuliner Indonesia, juga bisa mengajak anak sekali-sekali makan di restoran yang menyediakan menu masakan Nusantara. (sindo/hp/mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*