RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Pemerintah Italia Abaikan Peringatan Seismolog Italia

Pemerintah Italia Abaikan Peringatan Seismolog Italia

Andai saja peringatan seismolog Italia Gioacchino Giuliani didengar dan pemerintah tidak membungkamnya, mungkin sekitar 207 nyawa tidak akan melayang Senin dini hari lalu (6/4). Kendati tidak bisa dihindari, setidaknya dampak kerusakan fisik gempa berkekuatan 6,3 skala Richter di Kota L’Aquila itu bisa diminimalkan.

Kemarin (7/4) Daily Mail mengungkapkan bahwa gejala akan terjadinya gempa dahsyat tersebut sudah terdeteksi. Sebagai ilmuwan yang bisa membaca pertanda alam, Giuliani merasa punya tanggung jawab moral untuk memperingatkan warga. Karena itu, selama sepekan terakhir dia berkeliling kota mengendarai van yang dilengkapi pengeras suara sambil mengimbau warga kota kecil tersebut untuk mengungsi.

Sayang, pemerintah setempat yang menangkap kepanikan warga justru membungkamnya. Mereka lantas menenangkan warga dan menghapus kecemasan mereka. ”Orang-orang menyebut saya orang aneh dan mulai mencaci maki saya. Saya diolok-olok dan disebut idiot karena memperingatkan mereka soal gempa yang mereka yakin tidak pernah bisa diprediksi,” ungkap Giuliani.

Lantas, saat gempa benar-benar menggetarkan bumi yang dipijak warga sekitar pukul 03.00 Senin (6/4) itu, Giuliani geram. Sesaat sebelum getaran terasa pun, dia sudah berusaha memperingatkan warga lagi. Tapi, sia-sia. Sebab, saat itu dia justru sedang diinterogasi pemerintah. ”Mereka seharusnya meminta maaf kepada saya. Salah sendiri jika akhirnya mereka menjadi korban,” papar pakar yang juga penduduk Kota L’Aquila itu.

Dia kepada media menyatakan, tanda-tanda gempa hebat sudah mulai terdeteksi pertengahan Januari. Tapi, Badan Perlindungan Sipil Italia menegaskan bahwa getaran yang terasa saat itu sangat normal. ”Kita punya sejarah gempa yang cukup panjang. Tapi, tidak ada yang kita lakukan untuk mengatasinya. Setelah musibah lewat, kita lupa dan tidak melakukan apa-apa,” keluh Kepala Institut Geofisik Nasional Enzo Boschi.

Ironisnya, ilmuwan yang waspada dan menyebarluaskan peringatan berguna justru dicurigai. Setelah berkeliling kota memperingatkan warga dan memasang peringatan di internet, Giuliani malah ditangkap polisi. Dia lantas diinterogasi hingga gempa benar-benar mengguncang kota berusia 13 abad tersebut. Konon, gempa berkekuatan sama besar juga pernah meluluhlantakkan kota itu pada tahun 1461 dan 1703.

Terkait tindakan pemerintah setempat terhadap Giuliani, Perdana Menteri (PM) Italia Silvio Berlusconi terkena getahnya. Kemarin (7/4) gelombang kritik mengalir kepada pemerintahannya. Tapi, pemimpin 72 tahun itu berusaha meredam kritik dan meminta seluruh masyarakat fokus kepada penanganan korban. ”Kita bisa membahasnya nanti. Sekarang kita harus mengutamakan pencarian korban,” ujarnya. (jp/hp)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*