RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Awas, Kejahatan Seksual Pada Anak!

Awas, Kejahatan Seksual Pada Anak!

Kekerasan seksual yang dialami anak bisa berdampak sangat buruk bagi perkembangannya. Ada yang dampaknya sangat berat sehingga tidak hilang seumur hidup. Secara umum, masalah yang biasanya timbul adalah depresi, kecemasan, ketakutan, minggat dari rumah, sampai mengalami disfungsi seksual (di antaranya frigid atau tidak tertarik dan tidak bisa menikmati seks, serta impotensi). Anak-anak mengembangkan rasa takut dan cemas berlebihan terhadap lawan jenisnya, serta tidak mampu untuk terlibat dalam aktivitas seksual di kemudian hari.

Berharaplah agar anak anda tidak menjadi salah satu korbannya. Tetapi jika itupun terjadi, belum tentu anak mau menceritakannya akibat intimidasi pelaku atau komunikasi yang buruk antara anda dan si kecil. Jika ini yang terjadi, lihatlah beberapa tanda-tanda bahwa si kecil sudah menjadi korban kekerasan seksual. Tanda-tanda itu adalah :

 

– Perubahan perilaku, misalnya lebih mudah menangis, menjadi mudah takut, gampang melamun, perubahan mood yang tiba-tiba (gembira tiba-tiba sedih, dan sebaliknya).

 

– Mengalami regresi atau kembali berperilaku seperti saat usia lebih muda, misalnya kembali menghisap jari dan mengompol.

 

– Tidak mau ikut terlibat dalam aktivitas bersama orang lain, sampai mengalami masalah di sekolah. Bahkan kadang tidak mau bersekolah sama sekali.

 

– Melekat terus kepada Anda, tanpa mau berpisah

 

– Tiba-tiba bertindak agresif

 

– Berusaha bertindak melukai diri sendiri

 

– Terlihat tertekan dan murung tanpa sebab yang jelas

 

– Mengalami gangguan makan

 

– Mengalami gangguan tidur dan sering bermimpi buruk, juga takut pergi ke tempat tidur

 

– Menunjukkan tidak ada minat sama sekali terhadap hal-hal yang berbau seksual

 

– Takut pada tempat-tempat tertentu, orang-orang tertentu (khususnya bila sendirian bersama orang dimaksud), atau kegiatan-kegiatan tertentu. Waspadalah jika anak Anda berusaha menghindari orang-orang tertentu.

 

– Sakit, gatal, berdarah dan memar di daerah-daerah vital.

 

Apabila anak Anda menunjukkan sebagian dari beberapa indikasi di atas, maka Anda harus memikirkan kemungkinan bahwa anak Anda telah mengalami kekerasan seksual. Cara mengatasinya adalah dengan terus memberikan perhatian, rasa sayang dan kasih terhadap si kecil. Jika anda tidak tahu bagaimana menanganinya lebih lanjut, anda dapat meminta bantuan psikiater. Tetapi tetap dampingi anak-anak anda, bagaimanapun kehadiran seorang yang mereka percaya bisa membuat mereka lebih tegar.(perempuan/hp)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*