RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Siap Sekolah

Siap Sekolah

 Tidak ada faktor tunggal untuk memastikan kapan anak Anda siap pergi ke sekolah. Bagaimana jika anak Anda siap secara fisik, sosial dan kognitif telah siap ke sekolah ? Apa yang mesti Anda lakukan ?

Apakah Siap Sekolah ?
Para pakar perkembangan anak mengatakan tidak ada faktor tunggal yang memastikan kapan seorang anak siap untuk masuk sekolah taman kanak-kanak. Beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan mengirim anak Anda untuk masuk sekolah ialah; kemampuannya berpikir logis, berbicara jelas, dan kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya maupun orang tua.

Pertimbangan fisik juga perlu jadi pertimbangan, meski bukan hal utama. Umur juga bukan merupakan dasar pertimbangan utama seorang anak siap masuk sekolah atau belum.

Seorang anak umur 5 tahun mungkin sudah perlu masuk sekolah dasar, tetapi bisa juga seorang anak umur 4 tahun masih belum layak duduk di bangku sekolah.

Banyak anak yang bisa mengembangkan syarat-syarat utama itu secara bersamaan, tetapi banyak juga yang tidak mampu. seorang anak yang fisiknya besar, bisa saja masih mengalami kelemahan memahami persoalan.

Para pakar pendidikan anak mengatakan faktor kecerdasan anak menjadi faktor utama dalam memutuskan seorang anak siap masuk sekolah (TK) atau belum.

Dengan kata lain, seorang anak boleh jadi masih kecil secara fisik, atau fisiknya terbelakang dibanding perkembangan sosial dan mentalnya.

Tetapi jika kemampuan bahasanya, berpikirnya dan ketrampilan persepsinya adalah bagus, sebaiknya Anda jangan ragu untuk mengirimkannya ke sekolah, karena dia sudah akan bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan di sekolah.

Bagaimana Merayu Anak Sekolah
Jika dia telah ikut playgroup, bicaralah dengan pendampingnya/guru. Guru akan tahu perkembangan anak Anda, dan bisa membandingkan dengan anak-anak yang lain, kapan ia telah siap dan mampu untuk naik tingkat sekolah ke taman kanak-kanak.

Guru juga akan lebih bisa berkomunikasi dengan anak Anda.Jika anak Anda tidak sempat di playgroup, dan Anda bingung kapan memulai mengajari anak ke sekolah, sebaiknya bicaralah dengan dokter anak Anda atau psikolog yang tahu perkembangan Si Anak.

Anda juga bisa mengajak berbicara dengan pasangan Anda, orang tua, atau anggota keluarga yang lain, yang juga mengenal anak Anda dengan baik.

Anda juga bisa bertanya ke guru taman kanak-kanak yang telah berpengalaman mengenal perkembangan anak-anak seusianya.

Atau anda bisa bertanya kepada rekan-rekan Anda, yang telah berpengalaman mempunyai anak, mulai kapan ia mengirimkan anaknya ke sekolah.

Kunjungi sekolah TK tempat anak Anda akan belajar. Berdirilah di depan kelas, dan kenali anak-anak yang nantinya akan menjadi teman anak Anda.

Perhatikan bagaimana mereka akan bermain dengan satu sama lain, dan alat permainan-permainan apa yang dimiliki oleh sekolah tersebut.

Akan sangat baik jika Anda menyempatkan, dalam beberapa kesempatan, barang sejenak, untuk ikut bermain dengan anak Anda bersama teman-temannya. Fotolah mereka. Ikutlah bergabung bermain.

Meskipun anak Anda cerdas dan terbaik di kelasnya, cobalah amati, apa yang sesungguhanya dia sukai ketika ia bermain dengan teman-temannya, dan bandingkan ketika ia sedang sendirian di ruang.

Jika masih bingung kapan memulai sekolah buat anak Anda, Anda dapat memulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini :

  1. Apakah anak Anda mampu mendengarkan pelajaran, dan mampu mengikuti perintah-perintah guru yang berikan ? Anak perlu kemampuan ini agar betah di kelas, dan bisa berhubungan dengan guru dan teman-temannya.
  2. Apakah dia sudah mampu pergi ke toilet secara mandiri ? Beberapa anak kadang belum bisa dan itu membuatnya tidak betah tinggal di sekolah. Anak harus sudah lebih mandiri ketika masuk ke TK
  3. Apakah ia sudah dapat berhitung dan mengenal huruf ? Meskpun anak pada usia taman kanak-kanak lebih diutamakan pada aspek bermain dan bersosialisasi, tetapi beberapa sekolah TK telah memasukkan kemampuan mengenal angka dan menghapal huruf sebagian dari kurikulumnya.
  4. Apakah ia sudah dapat memegang pensil ? Apakah dia sudah bisa memotong kertas dengan gunting ? Dia memerlukan ketrampilan ini untuk membuat mainan-mainan dan juga belajar menulis untuk menghapal hurup alpabhet.
  5. Apakah dia tertarik pada buku ? Tunjukkan buku dan berusahalah untuk membacakan isinya, dan mulailah ajak semakin akrab dengan pengatahuan.
  6. Apakah dia serius dan mampu mempelajari sesuatu yang baru ? Jika dia serius mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada, dia akan betah di sekolah.
  7. Apakah dia dapat bermain-main dan bekerjasama dengan teman-temannya yang lain ? Ini adalah bagian dari kompentensi emosionalnya untuk bekerjasama dengan orang lain.

Jika jawabannya sebagian besar adalah ‘iya’, anak Anda telah siap untuk pergi ke sekolah. Jika sebagian besar belum terjawab, maka sebaiknya masih bertahan di kelas playgroup.

Atau bagi yang belum ke playgroup, sebaiknya mengambil masa kelas transisi secara privat.

Secara mudah, Anda juga dapat mengukur kemampuan anak Anda, dari kemampuannya menguasai ketrampilan-ketrampilan dibawah ini. Jika dia sudah mampu, berarti ia siap sekolah :

  1. Mengetahui warna dasar
  2. Mengenal beberapa huruf besar
  3. Mengenal angka 1-10
  4. Menulis nama pertama dengan jelas
  5. Menggambar meniru bentuk
  6. Dapat menghitung benda satu demi satu
  7. Bermain secara kooperatif

Test TK
Ini semua tergantung dari sekolah yang Anda minati. Beberapa sekolah memang mengadakan test kesiapan anak untuk sekolah.

Anak anda akan ditest kemampuan kognisinya, seperti membedakan nama warna-warna, membuat coretan-coretan di kertas, memegang dan mengambil sebuah obyek, dan bercerita singkat misalnya dengan menyebut namanya.

Jika TK yang anda minati tak mengadakan test, Anda dapat melakukan test sederhana itu sendiri, atau meminta bantuan psikolog anak.(www.morinagaplatinum.com)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*