RADIO MITRA 97 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Kampungladu, Sidomulyo - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur 65317 - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Berita » Berita Anda » Gangguan Fisik akibat Depresi

Gangguan Fisik akibat Depresi

Anda mungkin mengenal ciri-ciri emosi orang yang sedang depresi. Tapi, tahukah Anda kalau stres yang berkepanjangan seringkali menyebabkan gangguan fisik. Itu sebabnya banyak orang yang bolak-balik ke dokter untuk menyembuhkan keluhan sakitnya tapi tak jua sembuh. Ini karena penyebab utama penyakit, yakni depresi, tak disembuhkan.

Menurut para ahli, depresi bisa membuat kita merasakan sakit yang lain dari biasanya. Depresi berkaitan dengan ketidakseimbangan zat kimia di otak. Padahal, beberapa dari zat itu punya peran penting pada respons tubuh terhadap sakit. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengenali suasana perasaan diri sendiri. Simak beberapa gangguan kesehatan berikut ini yang sebenarnya bersumber dari depresi.

Sakit kepala
Ini merupakan ciri utama yang dialami orang depresi. Bila Anda sudah lama punya migren, saat depresi rasa sakit di kepala akan bertambah buruk.

Sakit punggung
Orang yang sudah punya sakit punggung, penyakitnya akan bertambah buruk saat sedang depresi.

Sakit di dada
Sebaiknya jangan abaikan rasa sakit di bagian dada karena bisa jadi tanda penyakit jantung. Namun, rasa nyeri di dada juga sering dikaitkan dengan depresi.

Gangguan lambung
Kondisi emosi dan pencernaan seseorang ternyata punya kaitan kuat. Saat depresi, Anda mungkin akan merasa sering mual, diare, atau sebaliknya, sulit BAB.

Kelelahan
Meski sudah tidur cukup Anda mungkin masih merasa kelelahan dan sulit untuk bangun dari tempat tidur.

Gangguan tidur
Kebanyakan orang yang depresi sulit untuk tidur nyenyak. Mereka biasanya bangun terlalu pagi atau tak bisa langsung memejamkan mata di malam hari. Sebagian lagi tidur lebih lama dari biasanya.

Nafsu makan berkurang
Stres yang berlarut-larut akan membuat nafsu makan menghilang dan tubuh pun menjadi kurus. Tapi ada juga orang yang justru menjadi gemuk karena makan jadi pelarian dari stres.(kcm/hp)

Baca Juga

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

*Touch on black area to close