RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Jantung Sehat dengan Gandum

Jantung Sehat dengan Gandum

biji-gandumBAGI orang Indonesia, gandum memang bukan makanan utama. Padahal, mengonsumsi biji-bijian gandum untuk menu sehari-hari, dapat membuat jantung Anda sehat. Benarkah?

Pasalnya, selain kaya akan karbohidrat dan protein, dalam setiap 100 gram gandum terkandung 3,1 mg zat besi dan 36 mg kalsium yang bermanfaat, antara lain dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner dan darah tinggi.

Dalam gandum, terdapat kandungan serat yang bermanfaat untuk membuat jantung senantiasa sehat. Karena itu, tak ada salahnya mulai kini memasukkan gandum dalam menu Anda, agar terhindar dari serangan jantung.

Seperti dikutip dari Shape, Jumat (10/7/2009), mengonsumsi makanan yang mengandung gandum tak hanya menimbulkan rasa kenyang lebih lama dibandingkan jenis makan lainnya. Makanan tersebut juga bisa membantu mencegah serangan jantung.

Sebab, saat orang yang tengah diet mengonsumsi gandum 4-5 kali dalam sehari, itu berarti mereka mengurangi level C-Reactive Protein (CRP) di dalam tubuh.

“CRP diproduksi di dalam tubuh untuk merespons penyakit dan berbagai macam luka,” ujar Penny Kris-Etherton, Ph.D, Professor of Nutrition di Pennsylvania State University.

Tingginya level CRP yang menetap disinyalir menjadi penyumbang utama terjadinya pengerasan pada arteri. Selain itu, dapat pula menaikkan risiko mengidap stroke atau serangan jantung.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, selama 12 minggu masa studi, subyek yang mengonsumsi makanan berbasis gandum mengalami penurunan signifikan persentase lemak di tubuh mereka, di bandingkan dengan subjek yang mengonsumsi nasi.

Para peneliti mengatakan, kandungan antioksidan di dalam gandum dapat membantu menurunkan level CRP dan menghilangkan potensi kerusakan pada sel, jaringan, serta organ di dalam tubuh.

Dari hasil tersebut, para peneliti merekomendasikan kepada subyek yang mengonsumsi nasi untuk menyediakan makanan berserat tinggi seperti beras merah, sereal, roti gandum, dan pasta dalam menu sehari-hari.

Ingin hidup dengan jantung sehat? Yuk masukkan gandum pada menu Anda!(okezone.com/ysf.mitra)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*