RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Memilih Makanan Sahabat Gigi

Memilih Makanan Sahabat Gigi

buah2Di samping menggosok gigi minimal dua kali sehari, pola makan sehat adalah pelindung kesehatan gigi dan gusi. Tentu saja bukan perkara mudah memilih pola makan sehat karena hidup di zaman modern banyak makanan seperti coklat, donat, permen, yang mengandung gula. Belum lagi minuman bersona, aneka makanan kecil yang serba manis dan menggoda.

Namun, semua godaan itu sebenarnya bisa kita tangkal dengan memperbanyak konsumsi aneka buah-buahan dan sayuran. Manfaat konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan salah satunya dapat merangsang produksi saliva (air ludah), yang penting untuk proses mineralisasi dan menjaga bakteri dalam rongga mulut tetap stabil.

Sayuran dan buah-buahan berwarna jingga umumnya kaya akan antioksidan, khususnya vitamin C. Selain dapat membantu penyerapan zat besi, memperbaiki sirkulasi, vitamin C juga penting untuk mencegah peradangan, juga menjaga gigi geligi serta gusi tetap sehat.

Sayuran serta buah berdaging warna jingga diantaranya jeruk, nanas, paprika, jagung, dan kentang. Sementara buah dan sayuran berwarna hijau menunjukkan kandungan fitokimia sulforafane dan indoles, yang baik untuk mencegah kanker dan membantu memperbaiki sistem sirkulasi.

Sayuran hijau juga penting untuk menjaga daya penglihatan, memelihara kekuatan tulang serta gigi, misalnya apel, pear, brokoli, selada, asparagus, sawi, dan sebagainya.

Apel sering disebut sebagai sikat gigi alami karena menstimulasi gusi, meningkatkan produksi air ludah, dan mengurangi pembentukan bakteri penyebab gigi berlubang.

Pola makan gizi seimbang yang kaya dengan buah dan sayur selain membasuh gigi juga memberikan tubuh mineral, vitamin, dan gizi penting lain untuk kesehatan gigi dan gusi.

Fluoride yagn ditemukan secara alami di makanan dan air atau ditambahkan dalam air juga merupakan zat yang dapat melindungi email gigi sehingga lebih kuat terhadap serangan asam.(kompas.com/ysf.mitra)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*