RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Asyiknya Memelihara lkan

Asyiknya Memelihara lkan

ikanMemelihara ikan ada yang bilang hal yang mudah. Tapi ada yang melihatnya sebagai hal yang merepotkan. Kedua anggapan ini sebenarnya sah saja. Mengapa? Karena mudah atau tidaknya pemeliharaan tergantung pada sejauh mana perhatian kita. Apalagi, cara perawatan dan pemeliharaan ikan berbeda-beda tergantung habitatnya.

Perlakuan pada ikan di akuarium berbeda dengan ikan yang berenang bebas.  Ikan hias akuarium cenderung sensitif, terutama soal air dan kebersihan tempat ikan. Akuarium yang kotor merusak kesehatan ikan dan merusak pemandangan.

Bagi Anda yang masih sangat awam namun tertarik untuk memelihara ikan mintalah informasi sebanyak mungkin dari penjual ikan, atan teman yang mengoleksi ikan. Harsono Harjadi, kolektor ikan hias selama 12 tahun sekaligus anggota Klub Maskoki Jakarta (KMJ), mengajukan beberapa tip yang bisa Anda terapkan.

Air adalah elemen utama.
Sekitar 80% kesehatan ikan tergantung dari kondisi airnya. Yaitu, air dengan pH normal, tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit. Air PAM mengandung kaporit jadi harus dinetral-kan lebih dulu dengan proses pengendapan satu malam atau diberi obat penetral (bisa dibeli di pet shore). Gantilah air 2 kali seminggu, atau sekitar 25% dari isi akuarium.

Standar akuarium.
Akuarium standar berdaya tampung 100 liter air- berukuran 60x5Ox4O cm, cukup untuk 2 ikan maskoki 15 cm. Lengkapi akuarium dengan oksigen dan filter, lampu, tanaman hias atau lumut untuk memperindah. Sinar dari cahaya lampu akan membantu proses fotosintesis untuk menghasilkan lumut berprotein tinggi yang baik bagi ikan.

Pilih ikan yang sehat.
Ikan yang sehat akan berenang dengan gesit. Gelembung renang yang bermasalah membuat ikan cenderung diam. Ikan yang sehat, siripnya cantik tanpa cacat, warna sisik terang dan tak banyak luka. Lihat juga apakah air dan akuarium cukup bersih dan luas sebagai tempat tinggal ideal ikan.

Beli ikan jagoan
Pilihlah ikan yang tahan banting, tidak mudah sakit, tidak cepat mati atau terlalu sensitif. Pilihan yang tepat adalah ikan jenis betta, ikan maskoki, pacus perut merah dan oskar. Ikan-ikan ini dijamin cukup tangguh.

Makanan secukupnya.
Meski ikan tampak lapar, jangan terpancing untuk terus-menerus memberinya makanan. Ikuti aturan yang tertera di label pembungkus. Atau Anda bisa beli alat penyebar makanan otomatis. Selain itu, kualitas makanan pun harus baik.

Karantina pendatang baru
Agar ikan di akuarium tak tertular penyakit, maka karantina dulu tanaman atau ikan yang baru dibeli dalam ember tertutup berisi 5 liter air selama empat minggu.

Kenali penyakit ikan
Penyakit ikan terbagi menjadi penyakit internal dan eksternal. Secara internal, misalnya perut ikan terlihat bulat dikarenakan bakteri pada ususnya. Sedangkan,secara eksternal, bakteri pada air menyebabkan robek-robek pada sirip ikan. Umumnya, penyakit ikan disebabkan oleh kutu bulat dan jarum. Atasi hal ini dengan memberikan ABATE atau garam secukupnya ke dalam air.

Rasakan sehatnya
Selain sebagai hobi, memelihara ikan bisa menjadi ajang relaksasi diri di kala senggang, meski hanya dengan memandang ikan dari balik akuarium saja.(kompas.com/ysf.mitra)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*