RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Cuaca Cerah, Otak Lebih Tajam

Cuaca Cerah, Otak Lebih Tajam

cerahDi hari yang cerah dan bermandi matahari, Joan P.Sumpo, merasa lebih energik, ceria, dan otaknya bekerja lebih cepat. Tapi sebaliknya saat cuaca mendung atau senja datang, tiba-tiba ia merasa kehilangan mood.

“Saya merasa lebih bersemangat saat hari cerah dan ada matahari,” kata ahli gizi dari Kraft Food yang berlokasi di Filipina ini. Wanita ini pun mengaku saat suasana hatinya sedang buruk, ia memilih untuk berjalan-jalan di bawah matahari.

Joan tidak sendirian. Para ahli sejak dulu sudah mengetahui bahwa perubahan cuaca sangat menentukan mood seseorang. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan saat cuaca cerah, seseorang akan lebih gesit dan cekatan, sementara saat matahari hilang, banyak orang yang merasa hatinya ikut kelabu dan otak jadi malas diajak bekerja.

Studi terkini yang dilakukan tim ahli dari University of Alabama, Birmingham, AS, menemukan bahwa kecerdasaan seseorang menurun hingga tiga kali lipat dibanding saat cuaca sedang cerah.

Karena itu sebagian orang merasa bisa mengambil keputusan secara tepat di siang hari saat matahari bersinar cerah. Sedangkan sore hari atau cuaca mendung justru dihindari karena membuat semangat menurun dan otak terasa lebih tumpul.

Dalam penelitian tersebut, para ahli mencermati data dari 16.800 warga Amerika yang berpartisipasi dalam studi nasional tentang stroke. Para responden diwawancara melalui telepon dan ditanya apakah mereka merasa depresi. Sesi wawancara dilakukan beberapa kali dan dalam cuaca yang berbeda-beda.

Para peneliti dari Belgia di tahun 2006 juga melakukan penelitian mengenai hal yang sama. Namun, mereka melakukan tes MRI untuk melihat apakah spektrum cahaya, yang mirip dengan sinar matahari, memiliki dampak berbeda.

Ternyata, saat seseorang terpapar sinar yang terang, terjadi hubungan dalam sirkuit otak yang sangat kuat. Tapi saat sinar dimatikan, otak menjadi kurang berenergi.

Menurut Dr.Alan Manevitz, psikiater dari New York Presbyterian Hospital, sebagian orang memang sangat sensitif terhadap cuaca. Sehingga perubahan cuaca ikut mengubah suasana hati mereka.(kompas.com/ysf.mitra)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*