RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Asupan Makanan Bergizi Tingkatkan Kualitas Hidup ODHA

Asupan Makanan Bergizi Tingkatkan Kualitas Hidup ODHA

buah2anPemberian pengobatan yang baik bagi ODHA dianggap Program Pangan Dunia PBB (WFP) tidak akan memberi efektivitas tertinggi jika tidak dibarengi pemberian pangan bergizi baik.  Upaya kampanye tentang itu, sebagaimana dikatakan Direktur Divisi Kebijakan Gizi dan HIV/AIDS WFP Martin W Bloem, di sela Kongres Internasional AIDS Asia-Pasifik Ke-9, di Nusa Dua, Bali, Rabu, tengah ditingkatkan di seluruh dunia.
Menurut dia, hal paling ekstrim terjadi di Afrika, tempat masyarakat di banyak kawasan di negara itu tidak mampu memiliki akses mendapatkan makanan bergizi baik. Di kawasan itu juga terdapat sejumlah besar penderita HIV/AIDS yang juga tidak mendapat asupan gizi memadai.

“Tanpa asupan gizi yang memadai itu, penderita HIV/AIDS akan semakin rentan terhadap kelangsungan hidupnya sekalipun telah diberikan berbagai jenis obat yang memadai, di antaranya anti retroviral,” katanya.

Karena itulah, katanya, WFP tengah merancang satu program terintegrasi antara pengobatan HIV/AIDS dan berbagai penyakit ikutan terkait virus mematikan ini, dengan pemberian asupan gizi yang memadai.

Di Asia, katanya, prevalensi HIV tercatat terrendah ketimbang kawasan lain di seluruh dunia. Diperkirakan terdapat lima juta ODHA di Asia dan kini WFP tengah menerapkan program-program di 10 negara di kawasan itu bersama Pasifik.

“Seluruhnya untuk mendukung upaya menuju akses universal atas pencegahan, penanggulangan, pengobatan, dan perawatan HIV/AIDS. Target ini sebentar lagi memasuki tenggat waktu,” katanya.

Secara khusus, Bloem yang ahli gizi itu menyatakan, diperlukan satu kerja sama dalam berbagai bentuk antara peletak kebijakan, kalangan swasta, dan WFP dalam menyediakan berbagai pangan yang memadai secara gizi.

Di India, katanya, WFP telah bermitra dengan badan penanggulangan AIDS setempat untuk menyediakan pangan diperkaya gizi yang dinamakan NutriPlus didukung konseling gizi, terhadap sekitar 15.000 orang pengidap HIV/AIDS selama 15 bulan perawatan.

Fokus ke depan WFP terkait masalah penyebaran HIV/AIDS ini, bermitra dengan pemerintahan banyak negara untuk membuat program yang tangguh perihal gizi dan penyakit yang disebabkan virus dan ikutannya.

“Kami sedang mencari format yang setepat mungkin untuk banyak kasus karena pendekatan kasus per kasus pasti berbeda secara signifikan. Setiap pemerintahan memiliki tanggung jawab soal respons mereka tentang HIV ini,” kata Direktur Pusat Penelitian HIV/AIDS Palang Merah Thailand Praphan Phanuphak.(kompas.com/ysf.mitra)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*