RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Tanaman Berpotensi Obat di Kalteng Diteliti

Tanaman Berpotensi Obat di Kalteng Diteliti

tanamanSejumlah tanaman yang tumbuh di hutan Kalimantan Tengah (Kalteng) dan berpotensi sebagai bahan obat akan diteliti, kata  peneliti dari Universitas Palangkaraya (Unpar) Prof Dr H Ciptadi, MS. Kepala Lembaga Penelitian Unpar di kantornya, Senin, mengatakan di Kalteng terdapat sejumlah tanaman hutan yang sudah diidentifikasi berpotensi sebagai bahan obat yang memerlukan penelitian seksama. Tanaman yang berpotensi obat tersebut antara lain yang disebut warga setempat dengan manggis hutan, sangeh, lali, tuntung uhat atau sambung urat, tambuhusan, katatupak atau katatiroi, kayu busi atau sisik saluang, paku bukit, suli, kayu kamal atau pupuk sutera.

Tanaman yang lain adalah raja mandak, lagundi, senggani, daun adewa, langise, muhur, kenyem, upak gemur, uru sambelum, bajakah kalalawit, kangkawang panas, kalapimping, bajakan kalayan, tatupak, dadap, teken perei, kalapap, karamunting, kayu mahamen, papar buwu, sagagentu, bawi hatue, kalabuau, kayu tungkun.

Tanaman kanarihau, uru handalai, kumis kucing, ginseng, uru pinding usu, uru karewan usu, uru lewu, terung kambing, mangkudu, kayu kajajah, kalalayar, kayu mata pusa bawi hatue, panamar gantung, mosai, songkai kayu, sapapitak dan puluhan tanaman lain, katanya.

Tanaman tersebut diduga berpotensi obat karena sering digunakan penduduk Suku Dayak Kalteng untuk pengobatan tradisional.

Sebagian penduduk Kalteng memang hidup terpencil, jauh dari jangkauan pengobatan modern, dalam usaha menjaga dan mempertahankan kesehatan, penduduk menggunakan obat tradisional yang diramu dari bahan alam dari tanaman tersebut.

Obat-obatan tradisional tersebut digunakan untuk menyembuhkan penyakit kelamin, untuk keluarga berencana, kekuatan jasmani, dan obat penyakit lain.

Dari sekian tanaman yang sering digunakan warga Dayak Kalteng tersebut,  memang sudah ada beberapa yang diteliti dan terbukti memang menyembuhkan karena mengandung senyawa yang bisa menjadi obat.

Salah satunya adalah tanaman seluang belum, kamunah, kalopahit, ampelas bajang, cawat hanoman, mali-mali, gerih dan tanaman kalanduyung.

Saluang belum misalnya, berdasarkan uji fitokimia terbukti positif untuk steroid dan flavonoid.  Penelitian ini masih terus dilanjutkan untuk membuat formula yang tepat dan kemungkinan ditambahkan tumbuhan yang lain, yang dapat mendukung khasiatnya.(kompas.com/ysf.mitra)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

One comment

  1. Incredibly maintained and respected net directory. Rid entry and moderation. Go on increase your relation and you inclination caress the power of our directory. do gazu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*