RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Dek, Ayo Olahraga Sama Mama

Dek, Ayo Olahraga Sama Mama

SETELAH melahirkan, aktivitas berolahraga sering terabaikan. Padahal, olahraga dapat mempercepat bentuk tubuh kembali pada kondisi sebelum hamil dan melahirkan. Termasuk, memperkuat jaringan otot dan ikat yang sempat kendur selama hamil, juga meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru.

Tunggu apalagi? Ayo berolahraga! Apalagi aktivitas berolahraga tidak harus dilakukan sendirian lho. Anda bisa melibatkan si kecil yang sudah bisa menegakkan kepala dengan baik atau berusia di atas 6 bulan? sambil mengajaknya bercanda.

Memang bisa? Sangat bisa! Ikuti gerakan di bawah ini, pemanasan, gerakan inti dan diakhiri dengan pendinginan. So, Anda bugar, bayi pun senang!

Gerakan Pemanasan / Pendinginan

1. Melatih Otot Bahu

* Lakukan bergantian pada tangan kiri dan kanan. Duduklah bersilang dengan tangan kiri lurus ke arah kanan, sedangkan tangan kanan menahannya. Tahan hingga 8 hitungan. Sementara bayi dibiarkan berbaring di atas matras. Anda bisa sekalian mengajaknya mengobrol lho, Moms!
* Angkat kedua tangan ke atas, kemudian tangan kiri ditekuk ke belakang punggung sedangkan tangan kiri menahannya. Sama, tahan hingga 8 hitungan. Hitung keras-keras hingga bayi Anda bisa mendengarnya. Satu, dua, tiga…

2. Melatih Punggung

* Condongkan badan ke depan dengan posisi badan membungkuk dan kedua kaki bersimpuh. Kemudian, luruskan kedua tangan ke depan seakan-akan memeluk bayi. Ajak bayi bercanda dengan mimik muka yang lucu, “Ba… Wa…!” Tahan gerakan hingga 8 hitungan.
* Lakukan gerakan menyamping, posisi badan Ibu tetap membungkuk tapi kedua tangan posisi menyilang. Lakukan secara bergantian. Tahan hingga 8 hitungan.

3. Melatih Pinggang

Kaki dalam posisi menyamping. Tekuk kaki kiri dan tahan dengan tangan kanan sementara tangan kiri menopang badan. Tahan hingga 8 hitungan. Lakukan gerakan sebaliknya secara bergantian. Seraya menghitung dalam hati, panggil si kecil untuk melihat wajah Anda.

Macam-macam Gerakan Inti

1. Melatih otot lengan (bisep dan trisep)

* Duduklah di atas bangku. Letakkan bayi di atas pangkuan sejajar dengan bahu sambil memegang kedua ketiaknya. Kemudian, angkatlah bayi ke atas. Ia akan senang dengan sensasi ini. Ajak ia bercanda, “Wah, Adek bisa terbang, ya?” Tahan hingga 8 hitungan lalu turunkan. Lakukan hingga 3 kali.
* Lakukan gerakan (a) tapi dengan posisi pinggang memutar ke arah samping kiri atau kanan. Tahan hingga 8 hitungan dan lakukan sebanyak 3 set secara bergantian.

2. Melatih otot paha depan (quadricep)

Berdirilah sambil mendekap si kecil. Kemudian, kedua lutut ditekuk dengan ujung lutut tidak melebih ujung kaki. Pandang wajah si kecil sambil sesekali menciumnya.  Lakukan 6 kali, 3 set (tahan hingga 6 hitungan dan lakukan kembali sebanyak 3 kali).

3. Melatih perut

Lakukan sit up. Posisi awal, Ibu tidur telentang dan kedua lutut ditekuk membentuk sudut 30 derajat. Sementara, si kecil disandarkan pada paha Ibu (pakai bantal agar empuk). Kemudian, angkat bahu mendekati bayi. Bermain-main Ciluk Ba lah dengan si kecil. Saat telentang, katakan “Ciluk…” Dan saat Anda mendekat langsung teriakkan “Ba”. Lakukan 6 kali 3 set.

4. Melatih otot punggung

Posisi awal, ibu tengkurap dengan kedua tangan ke arah depan sedangkan kedua kaki lurus ke belakang. Sementara bayi dibiarkan berbaring di atas matras. Kemudian, kedua tangan dan kedua kaki angkat secara bersamaan seperti posisi melayang. Tahan hingga 8 hitungan dalam 3 set.

5. Melatih paha bagian samping

Posisi awal, ibu tidur dalam posisi miring sementara si kecil berbaring di samping Ibu. Satu kaki di tekuk ke dalam, sementara kaki lainnya dibiarkan lurus lalu angkat tungkai setinggi 45 derajat. Lakukan pengulangan 6 kali 3 set secara bergantian. Nah, Anda bisa mengajak si kecil bercerita.

6. Melatih Otot Betis (leg extension)

Anda bisa melakukan latihan ini sambil menyusui bayi Anda. Duduklah di atas bangku dengan memangku bayi yang sedang ‘nyusu’. Kemudian, angkatlah tungkai kaki setinggi 45 derajat. Lakukan pengulangan 6 kali 3 set.

Setelah selesai gerakan inti, lakukan pendinginan (gerakannya sama dengan gerakan pemanasan).(Mom& Kiddie//mitrafm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*