RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Kampung Ramadhan di Pedalaman Papua

Kampung Ramadhan di Pedalaman Papua

Kampung Ramadhan. Itulah nama program acara selama bulan Ramadhan yang digelar oleh Yayasan Al-Faatih Kaaffah Nusantara (AFKN) di Bekasi, Jawa Barat. Selama bulan Ramadhan ini seluruh santri-santri AFKN yang belajar di Jakarta dan sekitarnya berkumpul di markas AFKN untuk mengadakan berbagai kegiatan.

Acara yang dilaksanakan sejak awal Ramadhan ini antara lain: tadarus al-Qur’an, hafalan al-Qur’an, ceramah agama (kultum), juga diselenggarakan lomba pidato, lomba tafsir Alquran, lomba hafal Alquran surat Yaasin, Al-Waqiah, Ar-Rahman, Al Mulk. Alhamdulillah, hingga hari ke- 26 ini program tadarus al-Qur’an telah mengkhatamkan bacaan al-Qur’an sebanyak 28 kali.

Kegiatan Kampung Ramadhan ini diselenggarakan setiap tahun. Bertujuan untuk menghimpun seluruh santri asal Nuu Waar (Papua) yang belajar di  pondok-pondok pesantren di Jawa. Mereka tersebar antara lain di Pondok Modern Gontor, Pesantren Tahfidz Daarul Quran Wisatahati, dan Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami, Jakarta . Keterbatasan biaya tak memungkinkan mereka setiap tahun pulang kampung.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para santri untuk belajar sungguh-sungguh di pesatren mereka masing-masing sebagai bekal untuk terjun dakwah di kampung halaman mereka di bumi Nuu Waar,” ujar Ustadz Fadzlan Garamatan yang biasa berdakwah ke pedalaman Nuu Waar.

Mereka bertemu di Kampung Ramadhan itu guna menguji kecerdasan dan kemampuan mereka atas kegiatan belajar yang mereka lakukan selama ini di pesantren masing-masing. “’Sehingga kekurangan yang ada di pondok lain, diisi oleh teman-temannya dari pesantren yang lain. Mereka berlomba-lomba dalam kebaikan,’” tegasnya.

Yang menarik, sambung Ustadz Fadzlan, hampir tiap hari para santri itu berhasil mengkhatamkan al-Qur’an. Tadarusan itu dilakukan sejak matahari terbit hingga datangnya waktu Dzuhur. “Kami memang menfokuskan selama bulan suci Ramadhan, mereka bisa khatam al-Qur’an sebanyak 30 kali,” ungkap Ustadz Fadzlan. (Republika, 26 Agustus 2009)

Yayasan AFKN adalah sebuah lembaga sosial dan dakwah yang bergerak di pedalaman Nuu Waar. Lembaga ini sangat peduli terhadap pengembangan sumber daya generasi muda Nuu Waar. Program Kampung Ramadhan ini dalam rangka proses pemantapan generasi muda Nuu Waar dengan penanaman nilai-nilai keislaman.

Rencananya, pada hari Rabu, 16 September 2009 jam 16.00 WIB, kami akan menggelar berbuka puasa bersama seluruh santri-santri AFKN dan kaum Muslimin yang membantu dakwah AFKN. Dalam acara buka bersama ini Program Kampung Ramadhan akan melakukan khataman al-Qur’an yang ke 28 kali. Sekaligus, melakukan zikir dan sholawat untuk kemajuan negeri Nuu Waar dengan bersinarnya cahaya Islam di sana .

Sekretariat AFKN

Jl. Anyelir Barat I Blok J4 No. 10

Pondok Hijau Permai, Bekasi

Contact Person

Ustadz Fadzlan Garamatan, Ketua Umum 081319142952

Abu Zanki, Humas 081385555314

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*