RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » Kecerdasan Finansial

Kecerdasan Finansial

Begitu lama orang membanggakan kecerdasan intelektual (IQ). Para orangtua begitu bangga bila anak-anaknya ber-IQ tinggi. Mereka begitu bangga ketika anak-anaknya mendapat ranking tinggi di sekolah yang dianggapnya sebagai cermin dari tingginya IQ. Seolah-olah, segala permasalahan kehidupan akan dapat diselesaikan dengan mudah oleh orang-orang yang memiliki IQ tinggi. Anak ber-IQ tinggi dianggap akan mudah mencari pekerjaan dan kemudian memiliki karir yang melejit di tempat kerjanya.

Persaingan perebutan lapangan kerja dan karir yang semakin ketat perlahan-lahan menyadarkan para pembangga IQ. Semakin disadari bahwa IQ yang tinggi tidak selalu berkorelasi dengan keberhasilan. IQ tinggi tidak selalu berarti karir yang melejit. Muncullah konsep baru: kecerdasan emosi (EQ).

Kecerdasan otak seseorang barulah benar-benar bermanfaat bagi karir dan masa depannya manakala diimbangi dengan kecerdasan emosi yang memadai. Kecerdasan emosi yang tinggi memungkinkan seseorang untuk bergaul dan bersosialisasi dengan baik di lingkungan kerja atau bisnisnya. Kecerdasan inilah yang juga memungkinkan seseorang untuk mengendalikan dirinya agar memiliki semangat tinggi ketika mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya. Kecerdasan emosi yang tinggi pulalah yang memungkinkan seorang siswa bisa belaar tekun dan kemudian menghasilkan prestasi yang tinggi.

IQ dan EQ pun belum cukup. Dimunculkanlah konsep baru, kecerdasan spiritual (SQ). Kecerdasan jenis inilah yang mampu menjadikan kehidupan manusia lebih bermakna. Manusia lebih bisa menyelaraskan antara berbagai permasalahan kehidupannya dengan zat yang hakiki, Sang Pencipta. Manusia kemudian menggunakan kedekatannya dengan Yang Maha Menghidupkan ini bagi solusi setiap permasalahan kehidupannya.

Begitu seorang siswa atau mahasiswa menyelesaikan pendidikannya, muncullah masalah yang mungkin tidak pernah dihadapi sebelumnya: permasalahan dan kebutuhan uang. Permasalahan “baru” ini kemudian bahkan harus dihadapainya sebagai sebuah realitas keseharian yang belum tentu bisa diselesaikan dengan kecerdasan intelektual, emosional, maupun spiritual yang telah dipersiapkan sejak kecil. Muncullah sebuah kesadaran akan pentingnya kemampuan seseorang untuk mendayagunakan kemampuan dirinya dalam mendapatkan dan mengelola uang. Muncullah sebuah konsep baru tentang kecerdasan yang disebut kecerdasan finansial (FQ). Konsep kecerdasan aplikatif yang dibangun di atas fondasi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kemampuan bertindak secara fisik.

Kecerdasan finansial dibutuhkan agar seseorang tidak terjebak dalam dua kutub permasalahan keuangan: kekurangan uang atau kelebihan uang. Pada kutub kekurangan uang, seseorang selalu disibukkan dengan permasalahan-permasalahan mencari uang. Bahkan akhirnya banyak orang yang berada pada kutub ini menjadi gelap mata dan melakukan apa saja asalkan bisa mendapatkan uang yang dianggapnya akan membahagiakannya. Mencuri, korupsi, memeras, pungli, menjadi kosa kata yang tidak bisa dihindarinya.

Sementara itu, kutub kelebihan uang menjadikan seseorang tidak bisa mendapatkan kebahagiaan dengan uang yang melimpah. Uang melimpah justru menjadikannya semakin tidak bersyukur dan tidak berbahagia. Orang seperti ini kemudian akan membeli apa saja agar bisa memperoleh kebahagiaan. Ujung-ujungnya mereka tidak bisa membeli kebahagiaan.

Seseorang yang berkecerdasan finansial tinggi tidak dikendalikan oleh uang, justru merekalah yang mengendalikan uang dan mendayagunakannya untuk memenuhi kebutuhan hakikinya: kebahagiaan. Mereka tidak menderita karena kekurangan uang. Mereka juga tidak menderita karena kelebihan uang.

Bagaimana dengan Anda?* (mitrafm.com)

Baca Juga

ayah-dahsyat

Kelembutan Ayah Kekuatan Dahsyat

MitraFM.com– Kata-kata Ayah itu dahsyat. Telah cukup bagi seorang anak sepenggal nasihat kecil yang keluar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*