RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Mitra Update » Buat Tidur si Kecil Lebih Berkualitas

Buat Tidur si Kecil Lebih Berkualitas

BANYAK orangtua baru kesulitan menemukan pola tidur bayi mereka. Padahal, mereka harus memastikan bahwa si kecil punya tidur berkualitas agar pertumbuhannya pun baik.

Kalau ingin si kecil tidur lebih baik dan lebih lama, sebaiknya Anda mulai mencari bagaimana cara yang baik untuk menidurkannya. Meski ungkapan “tidur lelap di malam hari” mungkin tidak terdapat dalam kamus bayi, tapi Anda bisa tetap membuat tidurnya lebih berkualitas pada jam-jam lainnya. Berikut ini tipnya, seperti diberikan Modern Mom.

Pastikan kebutuhan dasarnya terpenuhi

Bayi lapar pasti susah tidur. Kalaupun ditinggal sendiri, matanya tak akan lekas terpejam. Sebelum Anda membawanya ke kasur boksnya, ganti baju si kecil dengan bahan yang lebih nyaman, ganti popoknya dengan yang baru, suapi, dan sendawakan dia.

Pastikan tidak ada yang membuatnya tak mau tidur atau sering terbangun saat tidur. Bayi yang masih sangat muda, khususnya bayi yang ASI eksklusif, ternyata lebih sering terbangun dari tidur dibanding bayi yang minum susu formula. Karena itu, sebaiknya temani si kecil kala tidur.

Ciptakan pengantar tidur menyenangkan

Pengantar tidur bisa berupa buku cerita ataupun lagu tertentu sebagai cara Anda memberikan sinyal waktunya tidur untuk si kecil. Pastikan pengantar tidur yang Anda pilih cukup nyaman dan menenangkannya.

Setelah mengobservasi dan semakin mengenal karakter si kecil selama beberapa hari, Anda akan tahu pengantar tidur seperti apa yang pas untuknya. Kalau buku cerita atau lagu tertentu justru membuatnya tidak tenang, atau kondisi kamar gelap membuatnya tidak nyaman, cobalah menukar buku dan nyalakan lampu kamar. Memastikan si kecil menemukan proses tidur dengan cara yang lebih nyaman dan menyenangkan adalah hal penting.

Jaga dan perkuat rutinitas tidur

Kuncinya adalah cocokkan jadwal pekerjaan Anda dengan jadwal tidur si kecil. Jangan membuat perubahan drastis pada ritme kesehariannya. Catat hasil observasi ini selama beberapa minggu agar Anda bisa melihat pola yang muncul dengan lebih jelas. Manfaatkan hasil catatan tersebut untuk menciptakan jadwal tidur si kecil.

Gunakan pendekatan

Haruskah Anda membiarkan si kecil menangis atau membuatnya nyaman? Haruskah Anda membantunya tidur atau membiarkannya berani tidur sendiri? Pendekatannya bisa berupa musik, buku, mainan lembut, atau selimut favorit (saat usia si kecil cukup untuk tidur menggunakan selimut), atau sesuatu yang unik untuk bayi Anda. Kalau ada sesuatu yang bisa membuat si kecil nyaman dan tidur lebih baik, tak ada salahnya dicoba.

Ciptakan lingkungan kondusif

Lingkungan di mana si kecil tidur adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kualitas tidurnya, juga Anda. Memang, menghabiskan cukup banyak waktu, usaha, dan perhatian untuk memilih kamar tidur, tempat tidur, bantal, matras, lampu, warna dinding, pemandangan, suara, suhu kamar, ataupun tirai mana yang nyaman untuknya.
(okezone)

 

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...