RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Kreatif Hadapi si Kecil yang Sulit Makan

Kreatif Hadapi si Kecil yang Sulit Makan

Memasuki usia dua tahun, anak-anak cenderung sulit diberikan asupan bergizi. Biasanya, orangtua mulai menghadapi kebiasaan sulit seperti anak yang tidak menghabiskan makanan atau hanya mengonsumsi makanan yang disukai. Sebaiknya, orangtua harus kreatif membuat sajian yang memunculkan daya tarik untuk si kecil.

Berdasarkan studi konsumen yang dilakukan Mead Johnson Nutrition dan Synovate tahun 2007 lalu tercatat 64% ibu Indonesia merasa cemas akan kecukupan asupan nutrisi si anak. Hampir 50% ibu menghadapi situasi anak susah makan dan memilih makanan yang hanya disukainya.

“Ketika anak-anak berusia 2 tahun, umumnya merupakan masa sulit untuk diberikan asupan bergizi. Ini lantaran si anak biasa mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) dan susu sebagai pelengkap. Karena itu ketika diberikan asupan lain mereka menolak,” tukas Pengurus Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia Cabang Jakarta (PDGKI Jaya), dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpG(K) saat berbicara dalam acara yang digagas Mead Johnson Nutrition, Produsen Susu Sustagen di Jakarta, Rabu (3/2).

Akibat minimnya asupan gizi yang masuk, anak-anak beresiko kurangnya asupan mikornutrien dalam tubuh. Mikronutrien merupakan komponen zat  tumbuh kembang anak yang terdiri atas vitamin, zat besi, kalsium dan lainnya. “Otak ataupun organ lain perlu nutrien yang cukup,” tukasnya.

Dia menjelaskan, memberikan nutrisi yang tepat memang penting disaat anak masih dalam masa pertumbuhan. Sayangnya, orang tua masih belum memahami secara baik nutrisi dan kandungan apa saja yang diperlukan tubuh si anak. Para orang tua juga masih kesulitan menentukan nutrisi yang diberikan kepada anak sudah seimbang atau belum berikut pula dengan angka kecukupan gizinya.

“Setiap usia memiliki asupan yang berbeda. Semisal, pada usia 1-3 tahun minimal memerlukan 1000-1500 kalori, 500 miligram kalsium, 5 miligram vitamin D,” katanya.

Pembangungan Dasar Nutrisi

Menurut Fiastuti, peran orang tua pada pembangunan dasar nutrisi pada anak begitu besar. Orangtua dituntut untuk kreatif.

Sebagai langkah awal, orangtua harus memahami betul bahwa makanan yang memiliki rasa enak, belum tentu mengandung nutrisi yang cukup. Oleh karenanya, lanjut dia menjelaskan, orang tua harus memulainya dengan kebiasaan makan yang sehat.

Pertama, makan bersama secara teratur, jenis menu harus lengkap dan sediakan cemilan sehat yang bervariasi. “Pembangunan dasar nutrisi ini benar-benar harus diperhatikan. Fase ini begitu kritis lantaran pergantian pola makan mulai menghinggapi anak,” tegasnua.

Khusus pengaturan waktu makan, Fiastuti menyarankan agar waktu makan dibagi menjadi dua yakni 3 makanan utama dan 3 makanan ringan (snack). Keduanya dijalankan silih berganti. Misalnya, sehabis makan pagi dilanjutkan snak sehat begitu seterusnya hingga malam. “Intinya, jangan biarkan anak melewatkan waktu untuk makan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rina Poerwadi, Pemilik Mom Can Cook berpendapat kemampuan memasak orang tua sangat diuji ketika anak-anak memasuki fase sulit makan. Menurutnya memasak sendiri merupakan stimulus khusus bagi anak untuk makan. Ketimbang membeli makanan diluar, memasak makanan untuk si kecil memberikan efek psikologis yang sangat bagus.

“Kalau anak-anak suka makan diluar, ketika ibu memasak makanan yang sama kemungkinan besar anak tidak akan suka,” tukasnya.

“Biasakan anak menikmati masakan sendiri. Turuti masakan yang ingin dinikmati anak, dengan begitu akan meningkatkan nafsu makan si kecil,” tambahnya.

Menurutnya, memasak untuk anak sendiri adalah hal yang menyenangkan. Selain memastikan kebersihan dan kesehatan, memasak merajut kedekatan dengan si kecil. Apalagi sajian makanan yang ditampilkan begitu kreatif, anak-anak dijamin ketagihan.(reublika)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*