RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Keluarga Bahagia = Remaja Bahagia

Keluarga Bahagia = Remaja Bahagia

Hampir setiap hari, bisa kita lihat dan baca baik dari media televisi maupun media massa , banyaknya tindakan kriminal oleh remaja (mulai dari pengunaan narkoba sampai perkosaan) dilatar belakangi oleh masalah keluarga seperti kurangnya perhatian, kasih sayang, dan saling pengertian di antara remaja dan keluarga. dari sini kita bisa tarik benang merahnya, bahwa kondisi di dalam keluarga sangat berpengaruh terhadap sikap dan perilaku remaja. ada hal-hal di dalam keluarga, seperti kasih sayang, pengertian, dan perhatian yang tidak bisa dibeli oleh materi, anggapan bahwa faktor ekonomi menentukan sikap dan perilaku remaja tidaklah sepenuhnya benar. remaja dari kondisi ekonomi keluarga yang cenderung menengah ke bawah tidak serta merta membuat si remaja menjadi sosok yang negatif, begitu pula sebaliknya, tidak selalu remaja dari keluarga dengan kondisi ekonomi berkecukupan mempunyai sikap dan perilaku yang lebih baik.

Hal-hal seperti kebersamaan, saling terbuka, dan pengertian dirasakan lebih merupakan hal-hal yang berpengaruh dalam membentuk sikap dan perilaku remaja itu sendiri. maka dari itu diharapkan orang tua dapat memahami anak-anak mereka dalam bersikap dan berperilaku, sepatutnya orang tua memahami kebutuhan-kebutuhan remaja, bukan saja kebutuhan material, tetapi lebih berupa kebutuhan-kebutuhan psikologis seperti yang disebutkan di atas tadi. Banyak hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk bisa memenuhi kebutuhan psikologis remaja-nya, ini bisa dimulai dari hal-hal paling sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari di rumah, seperti makan bersama, sembari berbincang-bincang dengan si remaja, tanyakan bagaimana kondisi di sekolah-nya atau kulaih, jangan tanyakan hal-hal yang sifatnya memojokan si remaja, gulirkan topik-topik ringan sehingga akan tercipta suasana santai dan kebersamaan yang kuat diantara orang tua dan remaja.(keluargabahagia)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*