RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Ciptakan Komunikasi Efektif dengan Suami

Ciptakan Komunikasi Efektif dengan Suami

KETERAMPILAN komunikasi yang baik penting untuk membangun dan mempertahankan hubungan tetap kuat. Jika berbicara dengan pasangan sering berakhir dengan teriakan bak menonton pertandingan sepak bola atau meninggalkan perasaan sakit hati, maka saatnya mengevaluasi cara Anda berkomunikasi.

Jadi, lain waktu Anda memulai subjek pembicaraan ringan, ambillah langkah-langkah di bawah ini untuk menjaga komunikasi mengalir lebih harmonis. Berikut seperti dilansir Modern Mom.

Langsung ke inti pembicaraan

Secara umum, pria menyukai pikiran sederhana dan segera mengambil tindakan. Sementara wanita menyukai kejujuran. Rangkailah jalan pikiran Anda dalam sebuah paket sederhana dan hindari berbicara lebih dari satu subjek sekaligus. Tujuannya agar Anda tidak mempersulit keadaan.

Sebagai contoh, katakan, “Sampah harus dibawa keluar setiap sore,” daripada “Kamu harus mengeluarkan sampah setiap hari, kamu harus cuci mobil, dan oh…kamu juga harus beli keju.”

Jangan menuduh

Tuduhan menempatkan orang lain pada sikap defensif. Tak jarang sikap ini menimbulkan pertengkaran. Cobalah untuk menyatakan masalah tanpa menyalahkan. Gunakan perasaan Anda untuk menyampaikan pesan.

Sebagai contoh, katakanlah, “Aku sakit hati saat aku tidak melihatmu sepulang kerja,” daripada “Kamu harus berhenti begadang setiap malam!”

Luangkan waktu untuk mendengarkan

Anda tidak dapat bertindak atau bersimpati dengan apa yang dikatakan pasangan Anda jika Anda tidak mendengarnya. Ini artinya, Anda harus mematikan telepon, televisi dan komputer—jika perlu—untuk mendengar pasangan dengan benar dan penuh rasa menghargai.

Pahami perbedaan jenis kelamin

Sebuah studi menemukan fakta bahwa pria hanya mendengarkan dengan setengah otak mereka sedangkan wanita mendengarkan dengan seluruh otaknya. Ini berarti, seorang wanita dapat mendengarkan dua percakapan sekaligus, sementara pria dapat menonton televisi dengan suara pelan sambil bercakap-cakap.

Jangan menyela

Bahkan jika Anda merasa sangat marah dan benar, jangan menyela pembicaraan pasangan. Hal ini membuatnya seolah-olah tidak punya kontribusi. Selain itu, mengoreksi pasangan sepanjang obrolan tanpa tujuan jelas, justru membuatnya marah.
(ftr)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*