RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Perencanaan Keuangan Arahkan Tujuan Keluarga

Perencanaan Keuangan Arahkan Tujuan Keluarga

UANG memang bukan segalanya, tapi segalanya menjadi lebih lengkap dengan uang. Wirausahawan memikirkan bagaimana mengumpulkan modal saat pertama kali memulai bisnis, calon mempelai pria memutar otak mencari tambahan biaya pernikahannya. Setelah terkumpul, uang perlu pengelolaan agar berdaya guna.

Perencanaan keuangan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Masalah keuangan adalah hal peka hingga diperlukan motivasi serta waktu untuk membuat suatu perencanaan yang akurat.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, atau mengelola ekonomi rumah tangga dan berbagai hal lainnya, Anda harus melakukan perencanaan keuangan terlebih dahulu. Salah menerapkan planning tentu saja bisa membuat Anda terjebak dalam situasi sulit. Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus belajar merencanakan keuangan dengan benar.

“Fungsi dari perencanaan keuangan, yaitu mengelola pendapatan dan pengeluaran, menciptakan kesadaran akan kondisi keuangan saat ini, merencanakan masa depan dengan menetapkan tujuan dan cara pencapaiannya, dan menciptakan sistem evaluasi dan revisi atas kemajuan keuangan,” jelas Aidil Akbar Madjid MBA CFE CFP RFC, salah seorang konsultan keuangan dari Akbar’s Financial Check Up.

Menjelaskan lebih lanjut manfaat dari perencanaan keuangan, Aidil menjelaskan hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam mengelola pendapatan. Perencanaan keuangan bukan hanya ditujukan bagi orang-orang berduit alias kaya, tetapi kepada mereka yang berkantong tipis. Bagi mereka, rencana keuangan membantunya mencapai tujuan keuangan yang diimpikan.

“Banyak orang yang beranggapan bahwa perencanaan keuangan adalah hanya untuk orang kaya, alias berduit. Pola pikir ini tidak benar karena justru yang merasa belum kaya yang wajib untuk melakukan sebuah perencanaan keuangan agar dapat mencapai tujuan keuangan Anda dan keluarga,” tegasnya.

Lebih lanjut Aidil memaparkan, beberapa tahapan pengelolaan keuangan untuk sebaiknya diterapkan dengan penuh disiplin adalah evaluasi kesehatan keuangan, menetapkan tujuan keuangan, membuat rencana aksi, implementasi rencana, dan evaluasi rencana.
(okezone)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*