RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Beda Usia,Beda Juga Cara Komunikasinya

Beda Usia,Beda Juga Cara Komunikasinya

BERKOMUNIKASI dengan anak bukanlah hal mudah. Setiap anak memiliki karakter berbeda dan membutuhkan cara komunikasi yang berbeda pula.Nah, bagaimana menjalin komunikasi efektif dengan anak? Diani Pratama, 30, tak bisa menyimpan kegusaran perasaannya.

Ibu rumah tangga yang juga wiraswastawan ini kesal dengan sikap kedua anaknya yang berusia 3 dan 4 tahun yang terus merengek karena bertengkar berebut mainan.“ Sudah diam, kalian sudah besar, jangan bertengkar, mama pusing,” ujar Diani sambil mencubit kedua paha anaknya. Bukannya diam, kedua buah hatinya tersebut malah menangis sejadi-jadinya. Kata-kata yang dilemparkan Diani kepada kedua anaknya bukanlah kalimat baru yang sering diucapkan.

Cara Diani melerai pertengkaran kedua buah hatinya sebenarnya kurang bijaksana. Butuh cara pendekatan lain yang membuat anak lebih mengerti dan memahami keinginan orangtua. Dikatakan pengamat anak, Melly Kiong, bahwa agar terjalin komunikasi yang baik antara anak dan orangtua, pertama-tama orangtua harus menyadari mengapa anak susah menuruti orangtua.

Nah, selama ini kesalahan yang paling sering dilakukan orangtua adalah membuat perintah yang sangat individualistis, hanya sepihak dan tidak pernah melibatkan anak-anak apalagi kepentingan anak. “Gaya demikian sekarang sudah sangatlah tidak populer lagi,” tutur pengarang buku Siapa Bilang Ibu Bekerja Tidak Bisa Mendidik Anak dengan Baik ini.

Saat berkomunikasi dengan anak,sebaiknya dilakukan dengan melihat umur anak karena orangtua tidak bisa menyamaratakan gaya berkomunikasi antara anak pertama dan anak berikutnya misalnya. Contoh,pada anak pertama karena sudah sedikit lebih tua umurnya, bahasa yang digunakan sedikit lebih tegas. Namun, berbeda halnya dengan bahasa yang digunakan untuk adiknya, yang biasanya gaya bahasa dalam berkomunikasi lebih halus. Hal itu disebabkan daya terima anak tiap usia pun berbeda.

Anak yang lebih dewasa terutama sudah mengenal dunia luar,berarti kerap kali berkomunikasi dengan orang lain sehingga di rumah pun anak bisa menerima gaya komunikasi yang berbeda saat orangtuanya berkomunikasi dengan dirinya dan adiknya. Melly menjelaskan, sebagai orangtua, seharusnya menyadari bahwa pengaruh lingkungan adalah salah satu faktor yang sangat memengaruhi perilaku anak.

Apabila anak sudah mengenal dunia luar, maka peran orangtua untuk bisa memagari persoalan tersebut dengan konsisten terhadap komunikasi yang santun di dalam rumah. Karena itu,dengan sendirinya, adik-adiknya pun punya saringan karena apa yang dia dapat dari orangtua tidaklah demikian. Dan sebaiknya, orangtua ungkapkan secara terbuka di hadapan adikadiknya juga,apakah dengan gaya komunikasi kakak yang demikian baik atau tidak.

Selain melihat batasan umur, yang perlu diperhatikan ialah pada topik komunikasi yang perlu disesuaikan dengan kondisi. Misalnya tidak boleh mengomunikasikan hal yang lucu ketika anak sedang sedih dan serius. ”Hal ini juga masuk dalam batasan komunikasi dan yang paling berperan membatasi hal ini adalah orangtua,”sebutnya.

Untuk berkomunikasi dengan anak, tidak harus menyediakan waktu khusus,Karena itu, bergantung bagaimana orangtua menyiasatinya. Selain itu, berkomunikasi juga bisa dilakukan secara tertulis seperti yang dituliskan dalam bukunya, Melly mencoba memopulerkan Mocil (memo kecil) yang menurutnya sangatlah efektif sebagai cara berkomunikasi dengan anak.

Banyak hal yang ingin disampaikan orangtua tidak efektif karena terjadi salah paham. Mocil mungkin bisa membuat orangtua bisa mengungkapkan perasaan bersalahnya. Selain itu, orangtua bisa mengucapkan terima kasih kepada anak dan bisa menjelaskan banyak hal yang sangat luar biasa. ”Jadi, komunikasi tidak selamanya dalam pengertian harus bertemu muka,”sebut Melly.(seputar-indonesia)


Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*