RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Membesarkan Anak Butuh Kerjasama Tim

Membesarkan Anak Butuh Kerjasama Tim

ortuMenjaga dan membesarkan anak butuh konsistensi kesepakatan gaya dari kedua belah pihak orangtua. Kadang, para orangtua memiliki ide yang berbeda mengenai bagaimana cara menjaga kedisiplinan, cara berkomunikasi, penerapan dan penentuan Aturan Rumah, juga bagaimana cara menunjukkan rasa hormat. Apakah dalam membesarkan anak dan menjaga aturan di rumah Anda terjadi ketidakkonsistenan? Cobalah mulai dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dari Nanny Stella “Nanny 911” yang perlu dicari jawabannya berikut ini:

1. Pernahkah Anda dan pasangan membicarakan mengenai cara atau gaya menjadi membesarkan anak?
2. Pernahkah Anda berdebat atau bernada tinggi di depan anak mengenai aturan berdisiplin?
3. Jika ya, apakah Anda berhasil menemukan solusinya, atau Anda dan suami menyerah dan membiarkan masalah tersebut mengawang begitu saja?
4. Apakah Anda dan suami berbagi tugas orangtua secara merata? Jika tidak, mengapa?
5. Apakah Anda dan pasangan saling merongrong satu sama lain dalam urusan gaya mendidik dan membesarkan anak?
6. Apakah Anda dan pasangan berkontradiksi dalam pendapat dan pandangan untuk membesarkan anak? Bagaimana perbedaannya?
7. Apakah Anda bersedia berubah demi kepentingan anak Anda?

Setelah bertanya hal-hal tersebut mengenai berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda dan pasangan lakukan adalah:

Bicara dengan nada tenang
Duduklah bersama pasangan dalam kondisi yang tenang, buat daftar apa tujuan, ketakutan, ide, dan solusi untuk mengatasi masalah perbedaan dalam membesarkan anak. Kemudian bandingkan catatan tersebut dan pengalaman yang Anda dan dia dalam membesarkan anak atau saat masa kecil.

Hindari “tuduhan”
Cara seseorang membesarkan anaknya bisa jadi sangat serupa atau berbeda 180 derajat saat ia dibesarkan. Setiap sejarah keluarga memiliki perbedaan. Supaya sama-sama bisa menemukan titik tengah dalam keputusan cara membesarkan anak, dibutuhkan kesabaran, pengertian, dan kerelaan untuk berpikiran terbuka dengan pikiran satu sama lain.

Saling mengisi
Keputusan fundamental membutuhkan kerjasama tim, jadi pastikan Anda dan dia sama-sama berbicara dan mengutarakan ide maupun komplain sebelum mengetuk palu untuk menentukan keputusan. Jangan lupa untuk membicarakannya dengan kepala dingin.

Aturan janji
Jangan buat janji yang Anda sendiri tak yakin bisa memenuhinya. Setiap hari akan ada tantangan berbeda, jadi cobalah untuk bersikap fleksibel.

Katakan apa yang Anda rasakan
Ingatkan diri Anda sendiri mengenai kebahagiaan dalam membangun sebuah keluarga. Jangan lupa untuk saling mengingatkan betapa menyenangkannya saling memiliki rasa dan asa yang Anda dan suami miliki. Jangan lupa untuk mengungkap rasa yang Anda miliki untuk pasangan.

Turunkan suara
Anak-anak akan dengan mudahnya merasa rapuh jika mendengar Anda dan pasangan  bertengkar, khususnya ketika topiknya mengenai mereka. Usahakan untuk membicarakan tentang topik tersebut dengan suara yang ringan dan pelan.

Pihak ketiga
Bukan, bukan orang ketiga. Tapi pihak ketiga yang bisa dengan obyektif menilai permasalahan yang Anda dan suami hadapi mengenai cara membesarkan anak. Bisa dengan mengajak teman untuk mengobservasi cara Anda dan suami membesarkan anak, atau merekam cara masing-masing, atau menggunakan jasa konselor pernikahan jika memang perlu.(KCM)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*