RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Jika Sayang Jantung, Batasi Minuman Bersoda

Jika Sayang Jantung, Batasi Minuman Bersoda

minuman_kalengJika Anda tergolong penyuka minuman manis bersoda, ada baiknya membatasi konsumsi minuman jenis itu saat ini. Pasalnya, minuman tersebut kini semakin banyak dikaitkan dengan diabetes dan penyakit jantung.

Peningkatan konsumsi minuman manis bersoda berkontribusi terhadap 130.000 kasus baru diabetes, 14.000 kasus baru penyakit jantung dan lebih dari 50.000 kesulitan untuk melanjutkn hidup karena penyakit jantung selama 10 tahun terakhir. Demikian studi terbaru yang dilakukan di Amerika Serikat.

“Penemuan itu mengungkap, setiap kebijakan yang dapat mengurangi konsumsi minuman tersebut kemungkinan memiliki keuntungan kesehatan yang dramatis,” ujar peneliti senior dari University of California, Dr. Kirsten Bibbins-Domingo.

Dia menuturkan hal tersebut pada pertemuan tahunan American Heart Association atau Asosiasi Jantung Amerika.

Penelitian itu menggunakan simulasi serangan jantung pada komputer setelah dimodifikasi dengan berbagai risiko gangguan kardiovaskular lainnya seperti obesitas dan garam.

“Kami kemungkinan meremehkan hal itu, karena peningkatannya diantara para generasi muda dan fokus kami pada waktu itu yaitu pada usia 35 tahun keatas,” terangnya.

Salah satu penjelasan yang diyakini para peneliti adalah peningkatan dari kasus penyakit kardiovaskulaar karena semakin meningkatnya diabetes, lanjut Kirsten. Kemudian, meningkatnya kasus obesitas juga kemungkinan memiliki kontribusi.

“Mekanisme apapu juga, studi yang dilakukan dengan partisipan yang besar menyarankan efek yang kemungkinan berbahay dari terlalu banyak mengonsumsi minuman dengan pemanis,” tegasnya.

Dia menambahkan, tidak ada yang menyalahkan minuman itu sebagai bagian dari modernisasi. Namun, selama sepuluh tahun terakhir, konsumsi minuman tersebut terus meningkat sementara minuman lain menunjukkan penurunan.

Rekomendasi dari American Heart Association mengatakan agar masyarakat membatasi konsumsi minuman dengan pemanis bersoda dan lebih memilih minuman lain.

“Minuman jus dari buah asli mengandung nutrisi tinggi dan bisa bermanfaat lebih banyak dibandingkan kandungan karbohidrat dari minuman manis bersoda,” ujar Profesor dari University of Colorado, Dr. Robert H. Eckel.

Faktanya, rekomendasi asupan gula per hari hampir sama dengan jumlah satu kaleng minuman bersoda per hari dan lebih sedikit lagi untuk wanita.(republika)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*