RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Hindari Usilnya Batu Ginjal

Hindari Usilnya Batu Ginjal

Benda padat yang terbentuk menyerupai batu pada ginjal bisa mengakibatkan rasa sakit serta infeksi yang membahayakan jika berada di saluran buang air kecil.
Tidak seimbangnya pola makan, kurang aktivitas fisik serta penyakit kronis yang menahun merupakan beberapa faktor yang mempertinggi risiko pembentukan batu ginjal.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terbentuknya batu ginjal tersebut, antara lain :

Minum banyak air setiap hari. Batu ginjal terbentuk dari garam dan mineral dalam urin yang bercampur. Cairan yang cukup dapat membantu urin kelancaran dan kejernihannya. Urin yang sehat berwarna kuning cerah. Jika urin berwarna kuning gelap, artinya Anda kuring minum. Usahakan untuk minum setiap beberapa jam, jangan hanya waktu-waktu tertentu.
Turunkan berat badan berlebih. Penelitian menunjukkan orang yang kelebihan berat badan secara signifikan lebih cenderung mengalami batu ginjal.
Kontrol diabetes yang Anda alami. Penyakit kronis biasanya mempengaruhi fungsi ginjal. Sebagai catatan, batu ginjal juga bisa menjadi tanda dari diabetes, juga tekanan darah tinggi dan osteoporosis. Jika Anda terbukti memiliki batu ginjal, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.
Variasikan konsumsi makanan. Pembentuk batu ginjal bisa berbagai macam, tergantung pola makan setiap orang. Sebaiknya, Anda mengganti pola makan yang bervariasi setiap hari. Konsultasi dengan dokter mengenai jenis makanan yang bisa Anda makan. Misalnya, sebagian orang sangat cocok dengan memfokuskan makanan yang mengandung cukup kalsium dan serat sekaligus mengurangi asupan protein dan menghindari garam.
Hindari jus grapefruit atau jeruk besar yang asam. Secara umum, buah sitrus membantu mengurangi asam pada urin. Pengecualian pada grapefruit yang menurut penelitian, justru dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Waspada juga jangan sampai melebihi dosis rekomendasi asupan vitamin C dan D tambahan.
Berolahraga secara teratur. Orang yagn tidak aktif memiliki risiko lebih tinggi terhadap batu ginjal. Langkahkan kaki ke luar ruangan dan mulailah berjalan, meskipun sangat singkat setiap hari.
Jangan ragu bertanya mengenai obat-obatan yang diberikan kepada Anda. Tergantung dari zat apa batu ginjal yang Anda miliki, obat justru bisa mendorong pertumbuhannya. Hindari asupan obat tersebut untuk menghindarinya. (republika/hp)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

One comment

  1. Good post, however only some of the points were actually treated really good, I think digging deep for the topic to make it more informative will really help, will be looking forward for more informative post than this. Will suggest some points which are to the best of my knowledge. This might help you bringing more information for all of us.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*