RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

HADIRI GEBYAR PENTAS SENI TK/RA SE-MALANG RAYA DAN LAUNCHING NEW MITRA KIDS | MINGGU 17 MEI 2015 PUKUL 08.00 - 11.00 WIB DI INBIS UNIV. BRAWIJAYA MALANG | GRATIS | INFO LENGKAP: RADIO MITRA 0341 513 898 | ADAM: 0812 6667 9448 | DIPERSEMBAHKAN OLEH RADIO MITRA 97 FM KOTA BATU | www.mitrafm.com

Mitra Update
Home » Headline » Bedakan Kebutuhan Remaja Putra dan Putri
MitraFM.com Space For Ads (650x90)

Bedakan Kebutuhan Remaja Putra dan Putri

TIDAK hanya usia yang menentukan asupan nutrisi anak, tetapi jenis kelamin juga membedakan kebutuhan nutrisi. Begitu juga kebutuhan susu.

Ahli nutrisi dari Medika Plaza International Clinic,Semanggi Spesialist Clinic dr Samuel Oetoro menjelaskan,selain karena paling praktis dikonsumsi anak dan cenderung memiliki takaran pas angka kecukupan gizi (AKG) per gelasnya, susu tetap menjadi sumber terbaik untuk mencukupi kalsium. Hal itu dikarenakan susu paling mudah diserap tubuh. Dalam mencukupi kebutuhan gizi anak ini, orangtua juga harus mengetahui kebutuhan antara remaja putri dan putra yang ternyata berbeda. Remaja putri cenderung membutuhkan asupan yang rendah lemak,tinggi zat besi,dan antioksidan (vitamin C dan E).

”Dengan komponen tersebut, susu akan menunjang aktivitas remaja putri tanpa takut gemuk,” tandas Samuel. Sementara remaja putra membutuhkan asupan tinggi B kompleks dan L-Cartine untuk mendukung pertumbuhan fisiologis remaja pria. Karena remaja pria membutuhkan lebih banyak energi untuk beraktivitas dan pembentukan massa otot. Dikatakan Samuel, untuk dapat memenuhi asupan zat gizi dari makanan yang dapat mendukung tumbuh kembang optimal masa anak tersebut. Semuanya dapat terpenuhi apabila anak mempunyai pola makan yang seimbang dalam jenis bahan makanan bergizi.

”Seimbang dalam jumlah porsi bahan makanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan semua zat gizinya,”ungkapnya. Selain itu, jumlah porsi yang seimbang juga disajikan dalam jadwal makan yang seimbang pula, yaitu terbagi secara proporsional dalam hidangan makan pagi atau sarapan, makan siang, dan makan malam, serta makanan selingannya. Jika anak memiliki pola makan dengan gizi seimbang tersebut,otomatis kebutuhan akan kalori dan zat gizi untuk proses tumbuh kembang anak yang optimal akan terpenuhi. Karena berbagai jenis bahan makanan yang digunakan dalam jumlah terbagi secara proporsional setiap harinya akan saling melengkapi jenis dan jumlah zatzat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Kelengkapan kebutuhan makanan bisa didapat dengan mengisi piring dengan makanan pokok (sumber kalori),lauk-pauk hewani dan nabati (sumber protein dan lemak), sayur dan buah (sumber vitamin dan mineral serta serat). Sementara susu menjadi pelengkap hidangan agar asupan zat gizi dari makanan dapat disempurnakan untuk mendukung proses tumbuhkembang optimal. ”Jangan lupakan susu,”pesan Samuel. Kebutuhan nutrisi untuk anak di masa pertumbuhan, praremaja, dan remaja,berbeda karena secara kejiwaan dan hormonal juga mengalami perbedaan.

Demikian juga menyangkut jenis kelamin, remaja putri dan remaja putra membutuhkan nutrisi dan energi berbeda, disesuaikan dengan aktivitasnya. Sependapat dengan hal tersebut, Life & Parent Coach dari Rumah Modifikasi Perilaku Novian Triwidia mengatakan bahwa kebutuhan nutrisi untuk anak di masa pertumbuhan, praremaja, dan remaja, berbeda karena secara kejiwaan dan hormonal juga mengalami perbedaan.

”Demikian juga menyangkut jenis kelamin,remaja putri dan remaja pria, membutuhkan nutrisi dan energi berbeda, disesuaikan dengan aktivitasnya,” tutur Novian. (seputar-indonesia/mitrafm)

MitraFM.com Space For Ads (650x90)

Baca Juga

Waspada! Demam Berdarah Mengintai Warga Kota Malang

Waspada! Demam Berdarah Mengintai Warga Kota Malang

(MitraFM.com) – Kota Malang, Perlu untuk diwaspasai, penyakit demam berdarah mengintai kembali warga kota Malang. ...