RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Agar Si Kecil Siap Kembali Ke Sekolah

Agar Si Kecil Siap Kembali Ke Sekolah

Musim liburan telah berakhir, saatnya mempersiapkan si kecil agar siap kembali ke sekolah. Salah satu yang wajib dipersiapkan adalah jadwal tidur mereka.

Selain mempersiapkan peralatan sekolah seperti tas, sepatu, buku dan seragam baru, ada hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu jadwal tidur mereka.

Pengaturan jadwal tidur yang baik dapat membantu si kecil mengatasi ‘holiday-lag’ setelah liburan dan membuatnya lebih siap untuk menghadapi hari sekolahnya.

Seperti yang dikutip dari sheknows, biasanya pada saat liburan jadwal tidur si kecil lebih longgar atau sering tidur lebih larut. Jika hal ini tidak diperbaiki sebelum sekolah, maka anak-anak akan sulit untuk kembali menyesuaikan diri dengan rutinitas saat sekolah.

Orang tua bisa membantu si kecil dengan kembali menyalakan alarm anak dan memperbaiki jadwal tidur. Berikut caranya.

Hal yang paling penting adalah membiasakan anak untuk tidur dan bangun 15 hingga 30 menit lebih awal pada seminggu sebelum hari masuk sekolah. Motivasi mereka dengan mengajaknya melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Mengajaknya bersepeda di pagi hari, ke pasar atau hanya sekedar membuat sarapan. Dengan begini anak pun akan terbiasa tidur lebih awal dan bangun pagi.

Minggu pertama sekolah akan menjadi masalah bagi anak karena ia diharuskan bangun lebih pagi. Jika anak Anda marah, menangis atau murung saat dibangunkan pagi hari, mungkin mereka membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

Tidur yang tidak cukup akan mempengaruhi suasana hati, kesehatan dan kemampuan belajar. Oleh karena itu, Anda harus konsisten dengan jadwal tidur dan bangun anak.

Saat sekolah:
1. Buatlah jadwal tidur yang konsisten.

2. Peringatkan anak lima hingga sepuluh menit sebelum waktu tidurnya tiba agar bersiap-siap dan dapat menyelesaikan apa yang sedang mereka lakukan.

3. Batasi permainan video games, televisi dan komputer sebelum tidur. Lakukan kegiatan yang lebih tenang sebelum tidur, seperti membaca buku cerita.

4 Hindari minuman berkafein seperti soda dan kopi di sore dan malam hari.

(walipop)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*