RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » 6 Cara Menenangkan Bayi

6 Cara Menenangkan Bayi

Seringkah Anda merasa sudah melakukan semua hal supaya si kecil tenang, tapi tak ada hasilnya? Periksa popoknya, ternyata tidak basah. Disusui tidak mau, digendong tetap menangis, diletakkan di boks tambah rewel. Rasanya semua cara sudah dilakukan, tapi si kecil tetap tidak tenang. Apa yang harus dilakukan?

Sebelum membuat bayi tenang, Andalah yang harus tenang lebih dulu. Tenang atau tidaknya bayi dipengaruhi oleh tenang atau tidaknya sang ibu. Dua orang yang mempunyai ikatan batin yang kuat, emosi mereka cenderung bekerja secara paralel. Jika yang satu rileks, yang lain juga rileks. Jika yang satu tegang, yang lain juga tegang. Jika si kecil masih tetap rewel meski segala hal sudah Anda lakukan, jangan-jangan justru Anda yang “menularkan” rasa tidak tenang itu padanya.

Setelah Anda tenang, langkah selanjutnya adalah menenangkan sang bayi. Sebagai informasi, setiap hari bayi hanya menggunakan 7 persen waktunya untuk menangis. Jadi, orangtua tidak perlu panik, marah, atau menyalahkan diri sendiri saat bayi menangis. Semua bayi pasti menangis karena inilah cara baginya untuk berkomunikasi. Selain itu, lakukan beberapa hal berikut untuk membuat bayi tenang:

* Makan makanan yang menenangkan. Beberapa bahan makanan tertentu memberi efek menenangkan. Efek ini dapat juga ditularkan melalui ASI. Juga, secara emosi, bila Anda tenang, maka bayi ikut tenang. Bahan makanan yang menenangkan mencakup semua jenis buah; sebagian besar sayur-sayuran seperti bayam, wortel, kangkung; kacang-kacangan, gandum, produk susu, dan rempah-rempah. Kalau bayi sudah saatnya mendapat makanan pendamping ASI, berikan bahan-bahan tersebut. Untuk ibu dan ayah, hindari kopi atau teh dalam jumlah berlebihan, minuman bersoda, maupun makanan berbumbu tajam karena dapat memberi efek tidak tenang.

* Menggendong sambil mengayun-ayun. Gendonglah bayi dalam dekapan yang nyaman, lembut, tenang, dan kuat. Usahakan perut bayi bertumpu pada tubuh Anda, dan topanglah kepalanya. Lakukan gerakan mengayun dengan ritme teratur dan lembut, sambil merasakan betapa sayangnya Anda pada si kecil. Diayun-ayun mengingatkan bayi pada kondisi terayun-ayun di dalam rahim Anda. Lakukan ayunan kira-kira seirama detik jam. Terlalu cepat atau lambat malah membuat bayi sulit merasa rileks.

* Membedong longgar. Selama berada di dalam rahim, bayi mendapatkan kehangatan yang luar biasa, dan ia menyukainya. Untuk mempertahankan kondisi itu, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membedongnya dengan ikatan yang disesuaikan agar tidak membuat bayi merasa terbelenggu. Membedong dengan kain yang hangat dan bersih akan membuat bayi merasa nyaman dan aman.

* Memberi tepukan, usapan, belaian, dan senandung yang menenangkan bayi. Umumnya bayi sangat suka ditepuk-tepuk, diusap, dan dibelai dengan lembut dan teratur. Sentuhan berirama akan membuatnya merasa rileks.

* Mengulang-ulang ritual menyenangkan. Anda bisa mengulang-ulang ritual yang sama untuk menenangkan bayi, apakah dengan memijat tubuhnya, menepuk, mengusap, atau menyetel musik yang tenang. Lakukan juga ritual tersebut setiap menjelang tidur, seperti meredupkan lampu, membersihkan tubuhnya, mengganti bajunya dengan setelan untuk tidur, sehingga lama-lama bayi akan mengenalinya sebagai ritual menjelang tidur.

* Pijat bayi. Pijat bayi terbukti mampu membuat bayi lebih tenang sepanjang hari. Caranya, gunakan sedikit minyak atau losion bayi, usapkan ke punggung bayi secara lembut, lalu ke paha, tangan, kaki, dada. Perhatikan reaksinya, bila bayi tenang, berarti ia menyukainya. Sebaliknya, segera hentikan kalau bayi malah menangis, karena bisa jadi saat itu bukanlah waktu yang tepat untuk memberikan pijatan.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*