RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » Bila Negeri Dikelola dengan FSQ Rendah Dan FSQ Tinggi

Bila Negeri Dikelola dengan FSQ Rendah Dan FSQ Tinggi

FSQ Rendah

Pernahkah Anda melalui jalan dengan suasana ruas jalan berlubang,bergelombang yang tidak segera diperbaikai yang mana bila musim hujan berubah menjadi kubangan yang sangat menggagu pemakai jalan. Bagaimanakah perasaan Anda ketika melalui jalan seperti ini ? Senangkah? Marahkah? Dongkolkah?

Saya yakin Anda pasti marah dan dongkol dengan suasana seperti ini. Saya pernah naik angkutan kota di samping pak sopir. Saya tanyakan kesan dia ketika melalui jalan seperti ini. Sama dengan saya. Yang ada adalah dongkol. Salah satu penyebabnya adalah karena rusaknya jalan yang menjadi rute keseharian perjalanan angkot yang dikemudikannya mengakibatkan tingginya biaya perawatan ondersteel mobilnya. Sebentar – sebentar jebol dan itu artinya mengurangi pendapatannya yang memang sudah tak terlalu besar untuk ukuran kebutuhan hidup kota tempatnya bekerja sebagai sopir angkot di Surabaya.

Kepada siapa pemakai jalan ini dongkol? Supir angkot Lyn S (surabaya) yang saya ajak bicara ternyata juga sama seperti orang lain. Ia dongkol kepada pemerintah karena merasa sudah membayar pajak dan berbagai restribusi ternyata tidak diimbangi dengan fasilitas yang memadahi. Coba renungkan seandainya ada orang lewat di jalan yang rusak seperti itu dongkol. Tentu saja kedongkolan pengguna jalan seperti ini akan menjadi catatan tersendiri di sisi Allah SWT dan akan diperhitungkan di negeri akhirat. Lalu bayangkan bila Anda seorang pejabat pemerintah yang sedikit banyak ikut bertanggungjawab baik langsung maupun tidak langsung dengan rusaknya fasilitas jalan rusak parah. Bagaimana kira-kira yang Anda terima tiap hari? Amal jariyah yang pahalanya mengalir terus-meneruskah? Atau dosa ‘jariyah” yang juga mengalir terus – menerus setip ada orang yang melalui jalan seperti ini dan hatinya dongkol dan marah? Berapa juta orang dongkol tiap hari yang masuk cataan semacam ini?

Pertanyaan menarik: apa penyebab jalan yang berlubang yang bikin hati dongkol di atas? Intinya ternyata sderhana : dusta dalam laporan. Jalan yang mestinya dibangun dengan menghabiskan 10 drum aspal misalnya hanya dibangun dengan 6 drum. Akibatnya kualitas jalan buruk dan rusak sebelum usia yang seharusnya dicapai. Kesalahannya, laporan pelaksanaan pembangunan jalan seperti ini tetap mencatat penggunaan 10 drum, bukan 6 drum yang kenyataannya di pakai. Telah terjadi dusta pada proses perencanaan, pelaksanaan hinga pelaporan pembuatan jalan seperti ini.

FSQ Tinggi

Bandingkanlah suasana di Terminal Hougang, pinggiran Singapura dengan suasana terminal di Indonesia. Ada perbadaan laningn dan sumur (langit dan bumi mah …kurang jauh). Fasilitas pablik yang bersih, indah dan tertib adalah pemandangan sehari-hari dinegeri yang merdeka dua puluh tahun setelah Indonesia merdeka ini. Tidak ada sampah, puntung rokok, botol air mineral atau sejenisnya yang biasanya berserakan hampir seantero kota-kota di indonesia pada saat ini.

Bagaimana dengan di negeri kita? Pernahkah anda berhenti di sebuah perempatan jalan tepat dibelakang garis putih karena lampu merah menyala warna merah dan kemudian ada pengendara lain yang dengan santai menyerobottt dari samping dan berhenti di depan anda? Atau dalam antrian ceckin di bandara tiba – tiba ada seseorang yang menyerobot denagn santai sementara Anda dan orang lain harus menunggu giliran dengan antrian panjang? Atau di sebuah stasiun pengisian bahan bakar anda diserobot orang lain?

Nampaknya kita harus banyak bersabar di negeri ini. Di bus umum, anda harus banyak bersabar karena ada orang-orang yang dengan santai menikmati hisapan rokok sementara banyak orang di sekitarnya harus rela kenyamanannya diganggu oleh asap rokok. Di singapura, banyak papan peringantan yang dipasang di tempat-tempat umum yang memberikan peringatan kepada masyarakat supaya taat hukum dan sisitem sosial kemasyarakatan untuk menghaegai orang lain.

Misalnya papan di kendaraan umum di Singapura yang bertuliskan , “Jangan Makan dan Minum ! jangan Buang sampah! Pelangaran akan dikenakan denda S$ 1000 dqn/atau kerja sosial.” Sebuah penghargaan yang luar biasa kepada orang lain saat bersama-sama di kendaraan umum di singapura. Sebuah negeri yang merdeka dua puluh tahun setelah Indonesia. Bagaimana dengan Indonesia tercinta ini?

Baca Juga

ayah-dahsyat

Kelembutan Ayah Kekuatan Dahsyat

MitraFM.com– Kata-kata Ayah itu dahsyat. Telah cukup bagi seorang anak sepenggal nasihat kecil yang keluar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*