RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Vitamin C Sehatkan Prostat

Vitamin C Sehatkan Prostat

Prostat yang baik dan sehat merupakan hal penting bagi laki-laki, karena prostat yang tidak sehat bisa menimbulkan berbagai masalah. Salah satu cara untuk menjaga prostat tetap sehat adalah dengan konsumsi vitamin C.

Prostat adalah kelenjar kecil sebesar buah kenari yang membungkus bagian atas uretra. Prostat ini bertugas mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat.

Berbagai penyakit bisa muncul jika prostat seseorang tidak sehat, seperti gangguan pembesaran prostat atau yang paling parah adalah kanker prostat. Selain itu gangguan pada prostat juga akan berdampak timbulnya masalah dalam berkemih (buang air kecing).

Seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (4/12/2010) mengonsumsi vitamin C baik melalui makanan, minuman atau pun suplemen bisa memberikan keuntungan terhadap kesehatan prostat dalam beberapa cara, yaitu:

1. Mengurangi risiko kanker prostat
National Cancer Institute menuturkan bahwa seseorang yang mengonsumsi sayuran kaya vitamin C seperti brokoli cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan kanker prostat.

Selain itu Prostate Cancer Foundation melaporkan konsumsi 400 gram brokoli per minggu bisa membantu menghentikan pertumbuhan tumor pada kanker prostat.

2. Mengurangi risiko pembesaran prostat

Mayo Clinic menuturkan konsumsi vitamin C dalam sayuran dapat menurunkan risiko terkena pembesaran prostat. Jumlah harian vitamin C yang direkomendasikan untuk laki-laki dewasa adalah 90-2.000 mg per hari.

Vitamin C diketahui melimpah dalam sayuran brokoli, kembang kol, kangkung, paprika dan kacang polong.

3. Membantu melawan bakteri prostatitis

Para ilmuwan dari University of Maryland Medical Center telah mengamati bahwa vitamin C dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang bisa menginfeksi prostat.

Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan (inflamasi) prostat yang dikenal dengan nama prostatitis. Beberapa dokter menyarankan untuk konsumsi 500 mg vitamin C per hari untuk membantu memerangi prostatitis.

Selain mengonsumsi vitamin C, sebaiknya diimbangi dengan olahraga teratur, mengurangi koleterol dan asupan lemak, mengurangi minuman yang diuretik seperti kopi atau teh serta melakukan hubungan seksual secara teratur.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*