RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Berbagi Tugas Rumah Tangga dengan Anak

Berbagi Tugas Rumah Tangga dengan Anak

MENGAJARKAN anak untuk membantu pekerjaan di rumah akan menolong dia untuk belajar bertanggung jawab dan mengerti kewajiban sebagai anggota keluarga. Lalu sejak kapan dan bagaimana cara terbaik menyuruh mereka mengerjakan pekerjaan rumah tanpa terpaksa?

Sebelum Anda memiliki anak, Anda akan selalu membersihkan rumah dan tetap bersih sepanjang waktu. Sekarang, setelah si buah hati hadir, ruangan di rumah sudah seperti kapal pecah dan pastinya selalu berantakan. Setelah Anda bersihkan dan rapikan satu tempat, anak kembali mengotori ruangan lain. Terus berulang dan berulang.

Namun, mari kita hadapi dengan berbagai strategi. Hampir mustahil untuk menjaga rumah sempurna bersih dan wangi dengan anak-anak di dalamnya. Paling penting adalah menjaga kesehatan, kebersihan, dan lancarnya sanitasi rumah. Tak ada salahnya menyuruh anak belajar mengerjakan pekerjaan di rumah juga.

Namun, mereka bukannya hanya malah bikin runyam? Barangkali kebanyakan orang tua beranggapan demikian. Banyak yang memilih daripada malah bikin repot, mendingan dikerjakan sendiri, biarkan mereka duduk manis nonton TV. Padahal, mengerjakan pekerjaan rumah sejak kecil bermanfaat bagi perkembangan si kecil.

Semakin pagi membiarkan anak mengikuti sebagian pekerjaan di rumah, maka bisa membina rasa tanggung jawab dan kemampuan mereka untuk mandiri di saat dewasa. Lalu, bagaimana menyuruh mereka mengerjakan pekerjaan rumah tanpa membuatnya terpaksa? Kerjakan pekerjaan rumah ini berdua bersama anak, bukan memintanya mengerjakan sendiri. Buatlah semacam pesta kecil.

Perlihatkan bagaimana cara menyapu yang benar dan biarkan dia mengikutinya. Jangan memberinya tugas lantas meninggalkannya sendirian di ruangan.

“Tuliskan semua tugas di atas slip kertas dan taruh di atas stoples. Putar musik dansa biar dia ikut bergoyang,” kata Erika Salloux, seorang organizer pribadi di Cambridge, Mass, Amerika Serikat.

“Kebanyakan orang tua melakukannya pada Sabtu pagi dan mengerjakan pekerjaan rumah sebelum pergi jalan-jalan ke pantai, piknik, atau menonton film di bioskop,” lanjutnya seperti dikutip laman webMD.com. Bila Anda sudah punya anak, Anda harus menetapkan prioritas daerah mana yang harus dibersihkan segera.

Dua dari sekian ruangan di rumah yang paling penting untuk dijaga kesehatan dan kebersihannya adalah dapur dan kamar mandi. Dapur merupakan tempat bersarangnya berbagai kuman penyakit dibanding setiap ruangan lain di rumah, kamar mandi pun seperti itu. Jika Anda ingin fokus pada kesehatan keluarga, menjaga kebersihan dua ruangan ini harus ada di bagian teratas daftar jadwal pekerjaan rumah Anda.

Di dapur, banyak dari kita khawatir tentang kotoran yang ada di lantai seperti remah-remah bekas makanan. Walaupun Anda tidak ingin menarik perhatian tikus dan semut akibat bekas makanan yang berceceran di lantai, sebenarnya mereka tidak sepenuhnya berbahaya terhadap kesehatan orang rumah.

Sebaiknya lebih fokus pada kebersihan saat mempersiapkan makanan dan wastafel. Ingat, jangan berhemat dengan spons. Spons dan kain lap merupakan surga bagi kuman penyakit. Jangan sampai menjatuhkan serangga ke hidangan Anda dan meja makan, segeralah menyekanya. Buanglah spons kotor secara teratur, dan bersihkan yang masih digunakan dengan merendamnya dan memanasinya ke dalam microwave selama 2 menit. Cuci kain lap dalam air panas dan keringkan di panas matahari.

Lalu semprot permukaan dapur dengan desinfektan sekali sehari. Semprot juga bawah meja, wastafel, dan permukaan keras seperti kran dan lakukan setidaknya sekali sehari. Jangan lupa untuk mensterilkan alat pemotong atau talenan, yang memiliki kuman lebih banyak daripada yang terdapat di toilet duduk.

Sejak usia muda, anak-anak dapat dilibatkan dalam proses pembersihan rumah. Berikan anak Anda yang berusia 2 tahun botol pembersih desinfektan bersama kain lap atau handuk. Biarkan dia menyeka meja makan saat Anda menggosok wastafel atau toilet. Atau beri dia kain pel kering. Dia mungkin tidak membuat setiap lantai di ruangan menjadi bersih, tapi dia akan suka menggosoknya dan penting ”membantu ibu.”

Untuk membuatnya semangat membantu, Anda jangan meneriakinya dengan ”bersihkan kamar kamu!”. Tetapi, tetapkan tugas-tugas tertentu. ”Silakan kamu ambil semua mainan yang ada di lantai dan taruh di tempatnya”. Pastikan mainan tersebut memiliki tempat, seperti kotak kecil atau meja untuk menaruh mainan seperti krayon, boneka, action figures, atau mobilmobilan agar tidak berantakan.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*