RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Batu Malang » Saksikan Hujan Meteor Terindah 2010

Saksikan Hujan Meteor Terindah 2010

Hujan meteor terbaik sepanjang tahun 2010 akan terjadi hari ini, mulai dari senja tanggal 13 Desember 2010 hingga fajar tanggal 14 Desember esok hari. Setidaknya begitulah hasil observasi para astronom.

Hujan meteor terbaik tahun 2010 adalah hujan meteor Geminids. Seperti kejadian hujan meteor lainnya, kilauan cahaya meteor akan tampak di atmosfer sebagai akibat masuknya partikel debu ke lapisan atas atmosfer.

Uniknya, menurut penemuan para astronom yang dipublikasikan tahun 1983, hujan meteor Geminids bukan disebabkan oleh partikel debu sisa komet, melainkan sisa-sia asteroid bernama 3200 Pantheon.

Asteroid 3200 Pantheon mengorbit matahari, menyisakan partikel debu di sepanjang orbitnya. Ketika bumi yang sedang berevolusi memasuki wilayah itu, debu memasuki atmosfer bumi, terbakar, dan menghasilkan kemilau cahaya yang memukau.

Saat puncaknya, akan terdapat 60-120 meteor yang akan disaksikan setiap jamnya. Meteor sendiri akan bergerak dengan kecepatan lebih kurang 35 kilometer per detik. Nama hujan meteor Geminids diambil dari nama gugus bintang Gemini.

Bagaimana cara menikmati hujan meteor ini? Persiapan yang paling awal adalah memakai baju hangat, lebih hangat dari yang biasa dipakai sebab Anda mungkin akan berlama-lama di luar ruangan dalam malam yang dingin.

Kedua, buat nyaman diri Anda. Bisa dengan menyediakan kursi telur untuk bersandar atau sofa kesayangan Anda. Biarkan mata Anda menatap seluruh langit dengan leluasa, mungkin tak perlu binokuler agar mata lebih leluasa memandang.

Meteor bisa tampak di sekitar rasi Gemini. Di Indonesia, rasi Gemini terbit di timur sekitar pukul 20.00 dan tenggelam di arah barat sekitar pukul 06.00.

Jika mengamatinya pada dini hari, meteor akan tampak di horizon langit yang rendah, sedangkan pada malam hari akan tampak di bagian atas.

Yang pasti, Anda perlu bersabar dan jeli menantikannya. Sambil menunggu, mungkin bisa sambil berdoa agar permohonan terkabul. Para ilmuwan mengatakan, waktu terbaik menyaksikan hujan meteor ini adalah menjelang fajar.

Berdoa saja semoga malam ini tak mendung sehingga Anda bisa menyaksikan hujan meteor terindah tahun 2010 ini pada dini hari nanti.(kcm)

Baca Juga

Jelajah Pasar Rakyat Nusantara

JELAJAH PASAR RAKYAT NUSANTARA

MitraFM.com – Jelajah Pasar Rakyat Nusantara 2016. JELAJAH PASAR RAKYAT NUSANTARA FESTIVAL PASAR RAKYAT 2016 Keluarga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*