RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Tips Liburan Untuk Ibu Tanpa Merasa Bersalah

Tips Liburan Untuk Ibu Tanpa Merasa Bersalah

Menghangatkan kembali pernikahan, salah satu caranya bisa dengan berlibur berduaan saja. Namun para orangtua, khususnya ibu, biasanya merasa bersalah jika berlibur tanpa mengajak anak-anak.

Bagaimana liburan tanpa merasa bersalah? Simak tips berikut ini agar liburan Anda tetap menyenangkan:

Siapkan Anak
Para ibu biasanya tak mau meninggalkan anak demi melakukan liburan karena khawatir si anak akan gelisah atau rewel. Konselor keluarga, Doug Emid menyarankan, untuk mengurangi rasa khawatir itu, persiapkanlah anak Anda sebelum liburan dilakukan.

Untuk anak usia dua tahun, cobalah bermain petak-umpet. Dengan permainan tersebut, anak bisa belajar kalau tidak selamanya mereka terus bersama-sama ibu atau ayah mereka. Beri pengertian pada mereka tentang makna permainan tersebut.

Sedangkan anak-anak usia pre-school, ibu dan ayah bisa bermain dengan rumah-rumahan atau mainan lainnya. Saat bermain, beritahu anak kalau ayah dan ibu akan pergi sebentar dan nenek (atau siapapun) akan datang untuk menemani mereka.

“Beritahu mereka, waktu kecil, ayah dan ibu tidak meninggalkan mereka. Namun karena kini mereka sudah mulai besar, ayah dan ibu bisa pergi setengah hari atau seharian. Dan setelah mereka semakin besar, ayah dan ibu bisa pergi lebih lama lagi,” saran Emid.

Untuk meninggalkan anak Anda, mulailah berlatih. Cobalah pergi selama beberapa jam dengan pasangan dan tinggalkan si kecil di rumah bersama orang yang Anda percaya. Jika pada percobaan pertama, anak tidak gelisah saat ditinggal, berarti Anda bisa berlibur dengan tenang. Namun jika percobaan pertama gagal, teruslah berlatih sampai anak merasa nyaman dengan orang yang Anda percaya untuk mengasuhnya.

Siapkah Pengasuh Anak

Dalam merencanakan liburan, bukan hanya anak saja yang harus disiapkan. Pengasuh anak entah itu nenek, tante atau nanny juga perlu disiapkan sebelum Anda berangkat. Mintalah mereka datang seminggu atau lima hari sebelum Anda berlibur. Siapkan juga pengasuh pengganti, untuk berjaga-jaga siapa tahu orang yang Anda percaya untuk mengasuh anak-anak tiba-tiba sakit.

Banyak hal yang perlu diberitahukan pada pengasuh Anak sebelum Anda berlibur. Misalnya saja soal menu makanan anak. Tulis menu-menu apa saja serta resepnya untuk mereka. Bisa juga Anda menyiapkan makanan setengah jadi, lalu membekukannya di lemari es.

Jangan lupa untuk memberikan uang tambahan untuk orang yang Anda percaya menjaga anak-anak. Uang tersebut bisa dipakai untuk keadaan darurat atau hal-hal lainnya.

Para ibu perlu juga meninggalkan catatan khusus untuk pengasuh anak. Catatan ini bisa berisi macam-macam, contohnya:

1. Dosis obat yang harus diberikan jika anak sakit.
2. Alergi yang dipunya anak (jika ada).
3. Nomer telepon dokter anak.
4. Nomer telepon keluarga atau teman dekat.
5. Jadwal perjalanan Anda selama berlibur.

Siap Berangkat

Anak dan pengasuh anak sudah siap, waktunya Anda berangkat berlibur. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, bagaimana jika anak tiba-tiba sakit, dua hari menjelang Anda berangkat? Mewaspadai hal ini, Anda perlu mencari tahu tentang pembatalan keberangkatan. Kalau Anda menggunakan jasa travel, tanya soal kemungkinan pembatalan tersebut dan masih mungkinkah berangkat di hari lain.

Pulang lebih cepat dari jadwal juga bisa terjadi. Jika hal itu terjadi, cari tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan dan bagaimana akomodasi Anda untuk bisa pulang.

Kalau dua hal di atas tidak terjadi, bersiaplan menikmati liburan sepenuhnya. Selamat berlibur!

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*