RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » 10 Tips Makan Enak Namun Tetap Sehat

10 Tips Makan Enak Namun Tetap Sehat

Liburan Tahun Baru biasanya identik dengan menikmati berbagai hidangan lezat. Namun bagaimana agar liburan kali ini tetap menyenangkan tanpa takut makan berlebih? Bagi Anda yang memiliki resolusi hidup sehat dan menurunkan berat badan, berikut tips-tips penting yang harus Anda perhatikan!

1. Hindari Makan Berlebih

Makanlah ketika Anda merasa lapar saja dan hindari makan berlebih meskipun orang-orang di sekitar Anda melakukannya. Jika ada yang menawarkan makanan atau mau mentraktir makan, pastikan bahwa Anda benar-benar menginginkan dan membutuhkannya sebelum menyantap makanan tersebut.

2. Cari Kesempatan Untuk Selalu Bergerak
Lakukan gerakan jalan kecil ketika Anda memiliki waktu meski hanya beberapa menit, dan pilihlah untuk berjalan kaki daripada mengendarai mobil atau naik bis ketika pergi ke tempat yang berjarak dekat.

3. Tetap Menyantap Makanan Sehat di Rumah
Jika selama liburan ini Anda banyak menghabiskan waktu di rumah tetaplah memegang teguh prinsip untuk menyantap makanan sehat di rumah. Sebab seringkali Anda tergoda untuk menikmati makanan atau snack tak sehat saat menonton televisi, bermain game, atau membaca buku. Meski begitu tak ada salahnya juga untuk sesekali menikmati ‘junk food’ ketika makan di luar.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih dan teh dapat membuat Anda merasa kenyang. Hal ini dapat mengurangi keinginan untuk menambah makanan dan minum minuman tak sehat seperti soda atau alkohol.

5. Menetapkan Tekad
Tekad dibuat untuk membuat otak mengetahui apa yang benar-benar Anda inginkan. “Saya akan berusaha hidup sehat, bahkan ketika orang lain menikmati ‘junk food’ dan bergelas-gelas wine”. Hal tersebut adalah sebuah contoh dari tekad yang dapat digunakan selama liburan ini.

6. Camilan Selingan

Orang yang makan sedikit namun sering sepanjang hari cenderung dapat mengurangi berat badan tanpa rasa lapar dibanding orang yang makan banyak dalam satu atau dua kesempatan sekaligus. Menikmati snack sehat seperti buah atau kacang chestnuts, diantara makan berat adalah cara yang baik untuk mengurangi rasa lapar dan makan berlebih. Ini juga dapat menjaga tekanan gula sehingga Anda memiliki energi lebih.

7. Hindari Makanan

Jika Anda sedang menikmati pesta, berdirilah di tempat yang jauh dari makanan dan camilan. Jika Anda berdiri terlalu dekat dengan makanan, Anda dapat tergoda untuk selalu mengunyah makanan sepanjang acara.

8. Makanan Protein Tinggi
Penelitian memperlihatkan bahwa dalam diet, makanan protein tinggi dapat mengenyangkan tubuh. Jika memungkinkan cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut selama liburan. Makanan yang mengandung protein antara lain ikan, telur, kacang, dan biji-bijian.

9. Jangan Simpan Rasa Bersalah
Jika Anda merasa bersalah jangan pernah untuk mulai berpikir, “Saya telah mengacaukan kerja keras saya dan juga menyengsarakan diri dengan menikmati beberapa pudding.” Berterimakasihlah bahwa Anda telah memiliki malam yang indah. Teruslah melangkah dan menegaskan kembali dalam hati resolusi apa yang benar-benar Anda inginkan di tahun baru nanti.

10. Ingatlah Selalu Tujuan Anda

Jangan pernah lupakan apa yang menjadi tujuan Anda dan apa yang ingin Anda rasakan. Ini akan membuat Anda tetap fokus dan menolong Anda agar untuk berkata ‘Tidak’ pada makanan yang berlebih. (Mitra FM/wlp)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*