RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Anak Tidur Teratur akan Lebih Pintar

Anak Tidur Teratur akan Lebih Pintar

Kualitas tidur yang baik memang banyak membawa manfaat, terlebih bagi anak-anak dan balita. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak yang selalu tidur teratur akan lebih pintar di sekolah.

Ilmuwan SRI International, sebuah lembaga riset independen Amerika yang berbasis di California, menunjukkan bahwa anak-anak yang teratur tidur pada waktu yang sama setiap malamnya, akan lebih pintar secara akademis.

Penelitian tersebut menemukan bahwa anak-anak yang memiliki waktu tidur teratur akan berprestasi di sekolah dalam bidang bahasa, membaca dan matematika, dibanding anak-anak yang tidak tidur teratur.

Hasil studi yang disajikan dalam konferensi Associated Professional Sleep Societies ini, dilakukan terhadap 8.000 anak usia 4 tahun.

“Anak yang diterapkan jadwal tidur rutin oleh orangtuanya, akan lebih mungkin memiliki dampak yang signifikan terhadap munculnya kemampuan aksara (membaca) dan keterampilan bahasa,” ujar Dr Erika Gaylor, seorang peneliti anak usia dini yang memimpin penelitian, seperti dilansir Telegraph, Selasa (8/6/2010).

Temuan ini juga menemukan bahwa memiliki waktu tidur yang teratur adalah prediktor yang paling konsisten dari hasil perkembangan positif.

Nilai untuk bahasa reseptif dan ekspresif, kesadaran fonologi, literasi dan kemampuan awal matematika lebih tinggi pada anak-anak yang orang tuanya dilaporkan memiliki aturan tentang jam berapa anak pergi ke tempat tidur.

Dr Gaylor juga mengungkapkan bahwa banyak anak yang tidak mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup memiliki konsekuensi negatif untuk perkembangan dan prestasi di sekolah.

Dia merekomendasikan bahwa orangtua harus menerapkan waktu tidur yang tepat untuk anak-anak, sehingga anak-anaknya bisa mendapatkan kualitas tidur juga perkembangan otak yang optimal. Orangtua juga harus berinteraksi rutin dengan anak sebelum mereka tidur, seperti membacakan buku cerita atau mendongeng.(Mitra FM/dtk)

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*