RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Manfaat Kesehatan dari Mimpi

Manfaat Kesehatan dari Mimpi

Mimpi yang dialami ketika sedang tidur bisa memiliki banyak makna atau arti. Namun mimpi bukan hanya sekedar bunga tidur, karena ada manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mimpi.

Mimpi bisa jadi adalah simbol ekspresi dari keprihatinan yang dialami seseorang di kehidupan nyata. Dan ini merupakan pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan atau indera lainnya ketika tidur, terutama saat disertai dengan gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Peneliti Rosalind Cartwright, PhD, profesor psikologi dari Rush University di Chicago menuturkan mimpi mungkin bisa menjadi sarana dalam hal mengatasi ketegangan dan stres yang dialami dalam kehidupan.

“Mimpi bisa membuat seseorang memiliki terapis internal, karena ada hubungan antara mimpi dengan perasaan yang sama sebelumnya. Sehingga mimpi bisa membantu mengurangi emosi atau stres di pagi harinya,” ungkapnya, seperti dikutip dari WebMD, Rabu (12/1/2011).

Pikiran bawah sadar akan bekerja seperti seorang psikoterapis yang bisa menganalisa masalah psikologis, serta mengungkapkan suatu hal atau perasaan yang dipendamnya. Karena itu mimpi bisa menjauhkan seseorang dari penyakit

atau gangguan mental yang bisa mengancam stabilitas mental seseorang.

Mimpi yang dialami penting untuk memperkuat memori, menyelesaikan konflik dan Cartwright telah menemukan petunjuk bahwa mimpi bisa membantu dalam hal pengaturan suasana hati (mood).

Dalam studi baru-baru ini yang melibatkan perempuan yang baru bercerai, Cartwright dan rekan menemukan bahwa perempuan yang bermimpi lebih mungkin untuk pulih dari depresi dibandingkan perempuan yang tidak bermimpi atau tidak bisa mengingat mimpinya. Hal ini menunjukkan bahwa bermimpi juga bisa membantu meringankan depresi.

“Ini benar-benar menunjukkan bahwa ada sesuatu yang bekerja secara terus menerus sepanjang malam dan akhirnya bisa menghilangkan depresi yang dialaminya,” ungkap Cartwright

Sedangkan menurut National Sleep Foundation, manusia menghabiskan waktu lebih dari dua jam untuk bermimpi setiap malamnya, dan mimpi yang paling jelas terjadi saat seseorang memasuki tidur REM. (Mitra FM/kcm)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*