RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Sering-sering Bangkit dari Meja Kerja Agar Cepat Langsing

Sering-sering Bangkit dari Meja Kerja Agar Cepat Langsing

Duduk seharian di belakang meja kerja bisa meningkatkan risiko sakit jantung dan masalah kegemukan. Hanya dengan meluangkan waktu minimal 1 menit untuk pergi ke toilet atau sekedar ngobrol dengan rekan kerja, risiko ini akan dapat dikurangi.

Penelitian membuktikan, meninggalkan bangku selama 1 menit setiap interval tertentu bisa membuat lingkar pinggang terjaga 4 cm lebih kecil dibanding yang duduk terus menerus. Kebiasaan ini juga dapat menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko masalah jantung dan pembuluh darah.

Makin sering pergi ke kamar mandi atau menghampiri rekan kerja di mejanya, makin besar pengaruhnya terhadap lingkar pinggang dan kesehatan jantung. Dalam penelitian itu, total waktu yang dihabiskan untuk berjalan-jalan selama jam kerja paling banyak 2 jam dalam sehari.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of Queensland di Australia ini melibatkan 4.757 karyawan kantor dengan pengamatan selama seminggu berturut-turut. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam European Heart Journal baru-baru ini.

Para partisipan dipasangi akselerometer, yakni alat untuk mengukur berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berjalan. Selain itu, setiap hari para peneliti juga mengukur lingkar pinggang, tekanan darah dan kadar protein C-reactive yang merupakan salah satu indikator kesehatan jantung.

Hasil penelitian menunjukkan 25 persen partisipan meninggalkan meja kerja minimal 30 kali sehari dengan total waktu rata-rata 2 jam. Frekuensi tertinggi yang tercatat adalah 1.258 kali dalam sepekan sedangkan yang terendah hanya 99 kali dalam sepekan.

Dibanding kelompok yang jarang bangkit dari duduk selama bekerja, partisipan yang rajin berdiri untuk berjalan-jalan punya rata-rata lingkar pinggang 4,1 cm lebih kecil. Makin kecil ukuran lingkar pinggang, makin kecil risiko mengalami gangguan metabolisme dan jantung.

“Saat berdiri, banyak otot yang berkontraksi sehingga postur tubuh akan terjaga jika dilakukan secara rutin. Cukup dengan meninggalkan meja kerja selama 1 menit, kontraksi itu sudah bisa memberikan manfaat,” ungkap salah satu peneliti, Genevieve Healy seperti dikutip dari MyHealthNewsDaily, Rabu (12/1/2011).

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*