RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Batu Malang » Kutu Ungkap Sejarah Pakaian Manusia

Kutu Ungkap Sejarah Pakaian Manusia

Studi terhadap kutu menunjukkan bahwa manusia berpakaian sejak 170.000 tahun lalu. Sebuah studi di Universitas Florida yang mempelajari evolusi kutu menemukan data bahwa manusia modern mulai mengenakan pakaian sekitar 70.000 tahun sebelum bermigrasi ke daerah yang lebih tinggi dan beriklim lebih dingin. Migrasi itu sendiri terjadi kira-kira 100.000 tahun lalu.

Pemimpin penelitian David Reed mengatakan, ia bersama timnya mempelajari kutu pada manusia modern untuk mendapatkan pemahaman lebih baik mengenai pola migrasi dan evolusi manusia. “Karena kutu beradaptasi sangat baik dengan pakaian, kami bisa mengetahui bahwa kutu pakaian atau kutu badan baru muncul ketika manusia mulai mengenakan pakaian,” tuturnya.

Kutu dipelajari karena berbeda dengan parasit lain, kutu menetap pada inangnya dalam periode evolusi yang panjang. Hubungan itu memungkinkan ilmuwan untuk mempelajari perubahan evolusioner pada inang berdasarkan perubahan pada parasitnya.

“Studi ini juga menunjukkan bahwa manusia mulai mengenakan pakaian setelah kehilangan rambut pada tubuhnya,” kata Reed. Merujuk pada penelitian sebelumnya, peristiwa ini terjadi sekira 1 juta tahun lalu. Artinya, manusia cukup lama mengalami masa tanpa rambut tubuh dan tanpa pakaian.

Studi tersebut mengaplikasikan kumpulan data tentang kutu pada evolusi manusia untuk dapat menghasilkan informasi yang berguna di bidang medis, evolusi biologi, ekologi, ataupun bidang lainnya. (Mitra FM/kcm)

Baca Juga

Jelajah Pasar Rakyat Nusantara

JELAJAH PASAR RAKYAT NUSANTARA

MitraFM.com –¬†Jelajah Pasar Rakyat Nusantara 2016. JELAJAH PASAR RAKYAT NUSANTARA FESTIVAL PASAR RAKYAT 2016 Keluarga ...

One comment

  1. Sarapan pada waktu yang sama setiap hari dengan jumlah makanan yang konsisten terutama karbohidrat dapat membantu penderita diabetes mengatur gula darah lebih baik.Karbohidrat meliputi pati buah susu atau yogurt. Pada orang dewasa suplemen kalsium telah terbukti mampu menghambat pertumbuhan adenoma atau sejenis tumor ganas yang biasa menyerang usus besar atau kolon. Penelitian kami membuktikan bahwa kalsium juga bermanfaat bagi anak-anak di usia pertumbuhan untuk mengurangi risiko kanker kolon tulis para peneliti dalam laporannya seperti dikutip dari NZHerald.co.nz Selasa 18 1 2011 .Laporan yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology tesebut memaparkan hasil penelitian 2 ahli dari Otago University Prof Brian Cox dan Dr Mary Jane Sneyd. Tak kurang dari 1.000 orang dewasa di Selandia Baru dilibatkan dalam penelitian yang diklaim sama sekali tidak didanai oleh pabrik susu.Para partisipan adalah orang dewasa yang pada masa kecilnya sempat mengalami program pembagian susu gratis dari pemerintah setempat untuk anak-anak sekolah antara tahun 1937-1967.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*