RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Tips Sukses Memberi ASI Meski Ibu Sering Berpergian

Tips Sukses Memberi ASI Meski Ibu Sering Berpergian

Setelah tahu bagaimana mempersiapkan diri menjelang dinas ke luar kota, Anda juga perlu memahami bagaimana agar tetap sukses memerah ASI. Berikut ini tips lanjutan agar ibu bisa membawa pulang ASI.

Tips ini diberikan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Ini tipsnya:

11. Saat tiba di penginapan atau hotel hubungan receptionist untuk bantuan menitipkan ASIP di kulkas hotel. Cek kondisi kulkas, apakah terpisah dari bahan makanan lain atau tidak.

12. Jika Anda dinas ke luar kota untuk menghadiri meeting, survey lokasinya. Cari tahu apakah lokasi meeting dekat dengan kamar hotel agar bisa pumping di dalam kamar. Kalau ternyata tidak memungkinkan, cari lokasi untuk pumping di sekitar tempat meeting.

13. Tantangan terbesar adala memerah di tengah-tengah waktu meeting. Solusinya, maksimalkan memerah saat istirahat dan malam hari. Ketika coffe break perah sekadarnya.

14. ASI yang sudah diperah (ASIP) tidak semuanya harus dibekukan. Hal itu karena berisiko mencair saat perjalanan. Jika perjalanan dinas Anda kurang dari empat hari, ASIP tidak perlu dibekukan. Namun jika lebih dari empat hari, bekukan sebagian.

15. Jangan lupa memberikan label untuk setiap kantong ASIP. Label tersebut berisi informasi tentang tanggal, jam, nama, nomor kamar, kalau perlu nomer handphone. Jelaskan juga ke petugas hotel sedikit tentang ASIP.

16. Jangan lupa untuk selalu membekukan ulang semua icegel yang dibawa. Anda
akan membutuhkannya selama perjalanan pulang.

17. Sebelum pulang, cek semua kondisi ASIP. Pisahkan ASIP yang beku dan cair. Lalu tata & kemas dalam coolbag yang berbeda. Pastikan di setiap coolbag ada icegel yang cukup.

18. ASIP beku yang sudah ditata & dilengkapi icegel, tutupi bag atasnya dengan kain/handuk kecil/kertas koran untuk meminimalkan udara panas masuk.

19. Selama perjalanan pulang sediakan waktu untuk pumping. Kalau tidak ada ruangan untuk memerah, gunakan apron untuk penutup sehingga Anda tetap bisa memerah di mana-mana.

20. Jika Anda pergi dinas dengan kereta api atau mobil dengan jarak tempuh lebih dari 10 jam, pastikan ASIP tetap beku atau dingin sampai tujuan. Kalau tidak yakin, beli es batu tiap beberapa jam.

21. Jika Anda berpergian dengan pesawat, siapkan peraturan penerbangan (sebelumnya sudah Anda download) yang memperbolehkan membawa ASI ke kabin untuk ditunjukkan ke petugas kabin.

22. Sampai di rumah segera buka kemasan ASIP untuk cek kondisinya dan segera simpan di kulkas. ASIP beku yang mencair harus segera diminumkan maksimal 24 jam. (Mitra FM/wlp)

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*