RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » 5 Hal Tidak Nyaman Yang Terjadi Saat Hamil

5 Hal Tidak Nyaman Yang Terjadi Saat Hamil

Saat tahu hamil, Anda pasti bahagia. Namun Anda juga harus siap menerima konsekuensi dari kehamilan tersebut. Meski selama 9 bulan akan banyak hal menyenangkan terjadi, ada hal-hal yang tidak nyaman harus dilalui. Ini dia lima hal itu.

1. Morning Sickness
Dilansir Todays Parent, 80-90 persen wanita hamil akan merasakan mual di trimester pertama kehamilan. Rasa mual ini disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan, HCG.

Rasa mual dan berujung pada muntah ini biasanya tidak bisa diprediksi datangnya. Anda bisa tiba-tiba ingin muntah di saat tengah meeting atau berada di dalam mobil. Mencium bau yang tidak enak di hidung pun bisa memicu wanita hamil untuk muntah.

Untuk meminimalkan rasa mual dan keinginan muntah itu, Anda bisa mencoba dengan mengonsumsi permen (disarankan rasa jahe) dan jeruk lemon (lemon memiliki efek anti mual). Kalau kedua hal tersebut tidak berhasil, Anda bisa minta bantuan dokter untuk memberikan resep agar muntah tidak terus terjadi.

2. Mudah Buang Gas

Buang gas adalah hal normal dan menyehatkan tubuh. Namun saat hamil, kegiatan ini bisa meningkat karena rahim mengembang berikut bayi di dalamnya. Dengan semakin berkembangnya rahim dan bayi, makin sedikit ruang untuk gas yang diproduksi setiap hari itu di dalam perut.

Meningkatnya aktivitas buang gas ini membuat wanita hamil sulit mengontrolnya. Anda bisa tiba-tiba buang gas di saat sedang bekerja di kantor, dengan suara yang cukup keras. Bagaimana mengatasinya?

Ada beberapa cara, pertama hindari terlalu banyak makan makanan yang mengandung gas seperti kol. Minuman bersoda juga bisa memicu Anda untuk buang gas. Jika buang gas ini sudah sangat mengganggu, Anda bisa bertanya pada dokter adakah obat yang perlu dikonsumsi.

3. Bertambahnya Hormon

Meningkatnya hormon kehamilan pada beberapa wanita terkadang lebih buruk efeknya dari hormon ketika PMS datang. Hormon ini membuat Anda sangat sensitif sehingga mudah marah dan emosi. Mood wanita hamil juga bisa berubah cepat, Anda bisa bahagia namun bisa tiba-tiba menjadi sedih. Meningkatnya hormon progesteron dan estrogen ini tidak hanya mempengaruhi mood, tapi juga nafsu makan.

4. Tiba-tiba Keluar Air Seni
Jangan kaget jika ketika Anda hamil tiba-tiba keluar air seni. Hal ini bisa terjadi saat Anda tertawa terlalu keras atau bersin. Keluarnya air seni secara mendadak ini karena rahim semakin menekan kandung kemih sehingga sulit untuk menahan air seni yang sudah terkumpul. Agar hal tersebut tidak sering terjadi, mulailah belajar senam kegel atau senam menguatkan otot vagina. Saat beraktivitas sehari-hari, Anda juga bisa memakai pantyliner agar air seni yang keluar tiba-tiba itu tidak membahasahi pakaian.

5. Mudah Lupa

Mitos Otak Kehamilan biasa didengar saat wanita berbadan dua. Mitos ini berhembus karena tidak sedikit wanita hamil yang mendadak menjadi mudah lupa. Berdasarkan penelitian tim Australia, penurunan daya ingat ini bersifat adaptif karena Anda menjadi lebih perhatian pada bayi. Wanita hamil menggeser fokus mereka dari masalah-masalah yang biasa dihadapi jadi mempersiapkan kelahiran sang bayi. (Mitra FM/wlp)

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*