RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Biasakan Makan Makanan Rumah Agar Lebih Sehat

Biasakan Makan Makanan Rumah Agar Lebih Sehat

Kesibukan yang tinggi membuat orang banyak menghabiskan waktu di luar rumah yang membuatnya lebih sering jajan. Padahal sering jajan makin sulit mengontrol jumlah makanan yang masuk. Pakar kesehatan kini mengajak orang untuk membiasakan makan makanan rumah agar lebih sehat.

Makanan yang dibeli di luar dan makanan buatan rumah memiliki perbedaan seperti bahan yang digunakan, nilai gizi serta rasanya. Umumnya rasa makanan yang dibeli di luar lebih enak dan gurih.

Hal ini karena makanan yang dijual di luar lebih banyak mengandung bahan adiktif seperti senyawa kimia MSG (monosodium glutamat) yang membuat seseorang ingin makan lebih banyak lagi padahal makanan tersebut tidak sehat.

Di sisi lain, orang kadang malas untuk masak makanan rumah karena terbilang lebih repot dan rasanya mungkin tidak seenak jajan di luar.

Padalah ada beberapa kelebihan yang membuat makanan rumah jauh lebih baik daripada makanan luar seperti dikutip dari Mayo Clinic, Selasa (8/2/2011) yaitu:

  1. Makanan rumah umumnya terdiri dari bahan-bahan yang sudah terpilih kualitasnya.
  2. Makanan rumah memiliki nilai gizi yang lebih terjamin dibandingkan dengan makanan luar karena mengandung bahan berkualitas dan terhindar dari bahan adiktif makanan seperti MSG, sehingga bisa mencegah seseorang mengalami kelebihan berat badan.
  3. Memiliki nilai kekeluargaan serta mengajarkan keluarga untuk terbiasa mengonsumsi makanan rumah yang sehat.
  4. Makanan rumah jauh lebih sehat untuk dikonsumsi dan lebih sedikit kemungkinan terkontaminasi bakteri atau mikroorganisme lainnya karena berada di dalam rumah dan tertutup.
  5. Rasa yang dimiliki lebih sesuai dengan citarasa pribadi dan kesegarannya lebih terjaga karena langsung dibuat, sehingga vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan tersebut tidak hilang.
  6. Jika makanannya digoreng maka minyak yang digunakan umumnya masih baru atau tidak dipakai berkali-kali, karena minyak yang digunakan berulang-ulang hingga warnanya menjadi hitam bisa berbahaya bagi kesehatan.
  7. Umumnya biaya yang dikeluarkan untuk membuat makanan rumah lebih murah.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*