RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » 3 Tips Mudah Ajari Anak Makan Sayur & Buah

3 Tips Mudah Ajari Anak Makan Sayur & Buah

Tak sedikit orangtua yang mengeluh sulit mengajarkan anak mereka untuk makan makanan sehat seperti sayur dan buah. Anda termasuk di antara para orangtua itu?

Bagi Anda yang termasuk orangtua bekerja, tentu sulit mengontrol apa saja makanan anak sehari-hari. Kemungkinan besar, anak lebih sering makan makanan kurang bergizi selama Anda tinggal bekerja.

Ketimbang stres memikirkan hal itu, ahli nutrisi dan penulis buku ‘Easy Meals to Cook with Kids’ Julie Negrin menyarankan fokuslah melakukan perbaikan gizi di waktu Anda bisa mengontrol makanannya seperti saat sarapan dan makan malam.

Berikut ini tiga tips mudah untuk Anda:

1. Ajak Anak Terlibat
Salah satu faktor penentu apakah anak makan makanan sehat adalah apakah dia berpartisipasi dalam pembuatannya. “Mengajak anak menyiapkan makanan adalah cara terbaik agar anak mau makan makanan sehat dan mencoba resep baru,” jelas Negrin. “Masaklah bersamanya dengan melihat melalui buku resep. Ajak mereka ke pasar dan biarkan mereka membantu Anda menyiapkan meja makan, seperti menaruh piring, serbet,” tambahnya.

2. Berikan Contoh
Jika Anda makan makanan sehat, kemungkinan besar anak-anak Anda pun akan melakukan hal serupa. Namun jika Anda ternyata juga tidak suka makanan sehat, mulailah untuk mengubah kebiasaan tersebut.

“Dengan memberikan contoh makan makanan sehat adalah kuncinya,” jelas ahli diet Lauren O’Connor, M.S., seperti dilansir She Knows. Ia pun menyarankan Anda para orangtua agar selalu menyediakan makanan sehat di rumah seperti buah, sayur dan kacang-kacangan. Biarkan anak melihat Anda makan-makanan tersebut, sehingga mereka pun tertarik untuk mencicipinya.

3. Kreatif
Para ibu biasanya akan mudah kehabisan ide dalam menyediakan makanan sehat untuk keluarga. Saat ide mulai habis, anak-anak pun mulai diberikan makanan sejenis junk food. Bagaimana solusinya?

“Cobalah kreatif. Menggabung-gabungkan makanan salah satu contoh mudah. Misalnya dengan menggabungkan yogurt dengan potongan-potongan buah atau yogurt dengan cereal,” saran Lauran. Selain itu Anda juga bisa menyelipkan sayur dan buah itu pada makanan favoritnya seperti roti, agar-agar atau kue coklat. Sekali lagi dalam memilih makanan tersebut, libatkan anak saat berbelanja dan menyiapkannya, entah itu untuk camilan ataupun sarapan dan makan malamnya.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*